Senin 25 Sep 2023 11:15 WIB

Kosong Sejak 2020, Gereja Bradford Berusia 150 Tahun akan Diubah Jadi Masjid

Renovasi gereja menjadi masjid dijadwalkan selesai awal tahun depan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Kosong Sejak 2020, Gereja Bradford Berusia 150 Tahun akan Diubah Jadi Masjid
Foto:

Anggota dewan telah melakukan pembicaraan dengan pemilik baru gedung tersebut. Dari keterangannya, disampaikan mereka berkomitmen menyiapkan layanan yang mengelola mobil jamaah, khususnya pada Jumat.

“Peningkatan lalu lintas dan keselamatan jalan raya merupakan kekhawatiran utama bagi warga kami dan kami terus berupaya memastikan jalan-jalan di Queensbury aman," lanjut dia.

Bangunan gereja itu telah menjadi bagian penting dari komunitas Clayton Heights selama hampir 150 tahun. Pada 2010, gedung ini mengalami renovasi senilai 125 ribu poundsterling, yang sebagian didanai oleh Dewan Bradford.

Hibah tersebut mencakup 20 rtibu poundsterling dari dana investasi lingkungan Dewan Bradford, 5.000 pound sterling dari Dana Regenerasi Komunitas otoritas tersebut, serta 50 ribu pound sterling dari Waste Recycling Environmental Limited (Wren).

Saat itu, bendahara gereja Robert Holroyd yang mengawasi program pembangunan, mengatakan gereja masih akan mempertahankan karakter aslinya. Lantas, gereja ditutup oleh Sirkuit Metodis Selatan Bradford pada 2020.

Hingga Oktober 2022, banyak fitur termasuk organ gereja dan bangku Sekolah Minggu tetap berada di dalam gedung. Banyak yang berpendapat bangunan tersebut mungkin akan tetap terbengkalai jika tidak segera digunakan kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement