Selasa 29 Aug 2023 16:08 WIB

Muslim Birmingham Gelar Konferensi Kehidupan Rasulullah Bulan Depan

Kegiatan tersebut dirancang untuk berbagi wawasan antara Muslim dan non-Muslim.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Sebuah acara besar akan digelar komunitas Muslim Birmingham, Inggris, bulan depan. Sekelompok cendekiawan, akademisi, pemimpin agama, serta masyarakat dari seluruh dunia diprediksi akan berkumpul di momen itu,

Acara yang diberi nama Konferensi Kehidupan Nabi Muhammad SAW ini merupakan agenda tahunan yang pertama. Kegiatan tersebut dirancang untuk berbagi wawasan dan bertukar pandangan antara Muslim dan non-Muslim.

Baca Juga

Agenda ini diselenggarakan oleh Islam Channel, yang rencananya akan berlangsung di ICC Birmingham pada 30 September nanti. Menurut mereka, konferensi ini akan menjadi perayaan bulan Rabi' Al-Awwal.

"Agenda ini juga untuk menghormati kehidupan, warisan dan ajaran Nabi Muhammad SAW, yang mempertemukan para cendekiawan dan akademisi, tokoh agama dan masyarakat dari seluruh dunia untuk berdiskusi dan berdebat secara hidup,” kata panitia kegiatan tersebut di situs webnya, dikutip di About Islam, Rabu (29/8/2023).

Tidak hanya itu, mereka juga menyebut rangkaian acara yang dibuat akan menjadi kesempatan unik bagi Muslim dan non-Muslim, untuk berkumpul dan berbagi wawasan serta bertukar pandangan.

Sejumlah pembicara telah disiapkan untuk memeriahkan acara, di antaranya adalah pendiri Islamic Channel Mohamed Ali Harrath, politikus Belanda Jonam Van Klaveren dan penulis terkenal Naima Roberts. Dari sisi pendidikan, hadir cendekiawan Muslim Prof. Joel Hayward, Ilmuwan Musharraf Hussain OBE, dan lain-lain.

Sepanjang hari, para peserta akan mendapat kesempatan untuk terlibat dalam beragam kegiatan, seperti Sesi Tanya Jawab Interaktif Pembicara Utama, Pameran Islam yang Mencerahkan, Pusat Pengetahuan Informatif, Nasheed yang Penuh Jiwa, Paviliun Perbelanjaan yang Penuh Semangat, serta Peluang Berjejaring.

Sebagai tambahan informasi, para ahli sejarah sepakat bahwa Nabi Muhammad SAW kemungkinan besar lahir pada tanggal 12 Rabi’ Al-Awwal sekitar tahun 570, yang ditandai dengan kalender Masehi.

Banyak umat Islam melihat momen Maulid Nabi atau perayaan kelahiran Rasul sebagai kesempatan untuk belajar dan merenungkan kehidupan yang dijalani oleh Muhammad SAW. Di antara sejumlah perayaan yang dilakukan adalah kios-kios yang menjual buku-buku Islam, selebaran, pakaian, sajadah dan bahan-bahan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement