Rabu 20 Sep 2023 11:18 WIB

Megahnya Masjid Al Azhom, Tempat Pemain Bola Filipina Bersyahadat

Masjid Al Azhom menyerupai masjid-masjid khas Turki Utsmaniyah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam menunggu pelaksanaan shalat Jumat di Masjid Al-Azhom, Kota Tangerang, Banten, Jumat (20/8/2021). Pemerintah Kota Tangerang kembali membuka tempat ibadah di tengah pemberlakuan PPKM level 4 dengan maksimal 50 persen dari kapasitas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Foto:

Kemegahan Masjid Al Azhom

Bangunan utama Masjid Al Azhom mencakup luas 5.775 meter persegi. Ia terdiri atas dua lantai, yakni bagian bawah (4.845,08 m persegi) dan atas (909,92 m persegi). Daya tampungnya diperkirakan mampu memuat 15 ribu jamaah.

Masjid ini tampak menyerupai masjid-masjid khas Turki Utsmaniyah. Sebab, ada empat buah menara pada setiap sudut bangunannya. Masing-masing menara memiliki ketinggian hingga 55 meter. Bentuknya ramping dan runcing pada ujungnya.

Untuk mencapai puncak menara, terdapat empat bordes yang harus dilalui. Keempatnya melambangkan empat sifat mulia yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, yakni shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

photo
Umat Islam melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 H di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang, Banten, Ahad (10/7/2022). Pemerintah Kota Tangerang menggelar Shalat Idul Adha 1443 H di Masjid Raya Al-Azhom yang diikuti oleh ribuan umat Islam. - (ANTARA/Fauzan)

Begitu memasuki Masjid Raya Al Azhom, sobat akan merasakan nuansa kemegahan. Di dalam ruangan utama, ada kesan lega dan lapang. Hal itu tidak hanya disebabkan luasnya area tempat sholat, tetapi juga karena ada rongga-rongga di bawah atap.

Jika melihat ke bagian langit-langit, akan tampak kelima kubah besar seakan-akan bertumpuk satu sama lain. Kubah-kubah itu terdiri atas satu kubah besar. Ia dikelilingi empat kubah yang berukuran lebih kecil. Kelima kubah itu bisa dimaknai sebagai rukun Islam atau kewajiban shalat lima waktu.

Dinukil dari buku laporan pembangunan Masjid Raya Al Azhom, diameter luar kubah utama mencapai 33,685 meter. Adapun setiap kubah kecil berdiameter 32,782 meter. Jika ditotalkan dengan proyeksi mendatar, luas semua kubah bisa mencapai 3.142 meter persegi. Beratnya konon mencapai 300 ton.

Kesejukan di dalam masjid... (ke halaman berikut)

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement