Senin 18 Sep 2023 08:03 WIB

GP Ansor Kota Depok Resmi Membuka Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor

Shalawat menjadi zikir yang biasa dirutinkan banyak Muslim.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Lambang GP Anshor (ilustrasi).
Foto: gpanshor.org
Lambang GP Anshor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kota Depok meresmikan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor (MDS RA). Ketua PC GP Ansor Kota Depok, H Muhammad Kahfi, mengatakan Ansor Kota Depok akan terus terdepan memberikan manfaat membangun Islam rahmatan lil alamin.

Ia mengatakan MDS RA dibentuk sebagai wujud pergerakan spiritual pemuda. Yaitu dalam merawat dan menjaga tradisi amaliah yang telah diajarkan turun temurun oleh ulama dan para kiai NU.

Baca Juga

MDS Rijalul Ansor adalah lembaga semi otonom, tujuan menghidupkan kembali tradisi yang dibangun oleh orang-orang dahulu. Ansor dan Banser hari ini harus aktif mengikuti pengajian.

"Ini harus dipelihara dan rawat terus menerus. Launching MDS Rijalul Ansor akan memberikan dampak positif bagi Majelis Taklim pemuda-pemudi di Kota Depok,” kata Muhammad Kahfi saat mengenalkan dan meresmikan MDS Rijalul Ansor Kota Depok kepada para warga Nahdliyyin yang hadir dalam acara Ansor Bersholawat di Lapangan Kopelindo, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok pada Sabtu (16/09) malam. 

Sementara itu Ketua PCNU Kota Depok KH. Achmad Solechan mengatakan hadirnya MDS RA adalah wasilah untuk berkhidmat juga berperan membangun generasi yang cinta dengan ulama, memfasilitasi anak muda yang suka dengan sholawat, mencintai dzikir dan bermunajat. 

"Membentengi generasi muda dari yang tidak baik, maka giat melalui MDS RA juga untuk generasi yang terbaik mencintai agamanya dan bangsanya," kata kiai Sholechan yang juga menghadiri acara Ansor Bersholawat. 

Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Enjat Mujiat  yang juga menghadiri acara tersebut mengatakan bahwa perlu adanya dukungan dari masyarakat dan juga entitas lain untuk menghidupkan moderasi beragama.

"Pemuda-pemuda hari ini adalah pejuang yang akan menggantikan kita, mereka yang akan menjadi pemimpinnya. Bahwa 'subbanul yaum rijalul qod' Terima kasih kepada Ansor dan yang pada malam ini melaunching Majelis Dzikir Sholawat Rijalul Ansor, semoga memberkahi kita semua," ungkapnya. 

Hal senada juga disampaikan Ketua MDS Rijalul Ansor Kota Depok, Andi Basyuni. Ia mengatakan bahwa MDS Rijalul Ansor akan menjadi wadah bagi Majelis Taklim pemuda-pemudi yang tersebar di masing-masing PAC Ansor di Kota Depok.

Sementara itu acara Ansor Bersholawat bertajuk 'Membumikan Sholawat Menebar Perdamaian' yang diselenggarakan PC GP Ansor Kota Depok memantik perhatian dan antusias warga Depok.

Banyak warga yang hadir begitu bersemangat mengikuti setiap rangkaian acara yang dibuka dengan pembacaan Alquran dan saritilawah oleh Kapolres Metro Kota Depok, Kombespol, Ahmad Fuady dan Dandim 0508/Depok, Letkol Inf, Totok Prio Kismanto. Acara semakin meriah dengan penampilan bintang tamu Veve Zulfikar yang berduet melantunkan sholawat dengan sang ayah, Sayyid Zulfikar Basyaiban Al Idrisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement