Sabtu 16 Sep 2023 23:10 WIB

UAS, UBN dan Buya Yahya Kompak Serukan  JATTI Bershalawat

UAS, UBN, dan Buya Yahya, mengimbau alumni Timur Tengah bershalawat.

Pengurus Jalinan Alumni Timur Tengah Bachtiar Nasir
Foto: Republika TV
Pengurus Jalinan Alumni Timur Tengah Bachtiar Nasir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--para ulama yang tergabung dalam Jalinan Alumni Timur Tengah (JATTI) tiba-tiba memposting video ajakan untuk bershalawat di media sosial. Tentunya selain menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, para ulama ingin mengenalkan entitas JATTI kepada masyarakat luas.

Wakil Ketua Dewan Pakar JATTI, Ustaz Abdul Somad (UAS), Ketua Umum DPP JATTI Ustaz Bachtiar Nasir (UBN), dan Pimpinan Pondok Pesantren Al Bahja Cirebon Buya Yahya mengajak masyarakat menyerukan JATTI Bershalawat. 

Baca Juga

"Di bulan Rabiul Awal mari kita bangkitkan kembali kecintaan kepada Rasulullah. Mengenang para ulama (terdahulu) melalui Jalinan Alumni Timur Tengah Bershalawat," ajak UAS, Sabtu (16/9/2023).

Dikatakan UAS, dalam catatan sejarah para alumni Timur Tengah tidak bisa dipisahkan dengan perjuangan Islam di Nusantara. "Sebut saja mereka yang membawa perjuangan shalawat, zikir, maulid itu adalah para alumni Timur Tengah," kata UAS.

Mereka adalah Syaikh Hasan Maksum, Syaikh Sulaiman Ar Rasuli, Hadratussyaikh Hasyim Asyari, Syaikh Bishri Syansuri, Syaikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, dan lain sebagainya.

"Mereka berlomba-lomba mensyiarkan shalawat. Tujuannya agar cinta kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam," jelas UAS.

Sementara UBN mengungkapkan, bershalawat merupakan aktivitas yang dicintai Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. "Bahwa orang yang bershalawat dengan ikhlas itu akan mendapat syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam," ungkap UBN.

Menurut UBN, shalawat pada momen Maulid Nabi merupakan media mempersatukan umat dan bangsa.

"Insyaallah ketika kita terus menjadikan Rasulullah sebagai teladan dan bershalawat, hati kita akan disatukan olehnya," tandas UBN.

Senada dengan UBN, Buya Yahya mengatakan Maulid Nabi dapat menjadi momen untuk mensyiarkan shalawat dan refleksi diri.

"Allah menyeru kepada orang beriman untuk bershalawat dan bersalam kepada Baginda Nabi. Bersama gebyar maulid Nabi mari kita lahirkan akhlak Nabi pada diri kita dan keluarga kita," kata Buya Yahya. 

Untuk itu, Buya Yahya mengajak masyarakat untuk mengikuti JATTI Bershalawat.

"Maka ayo bersama JATTI kita bershalawat. Semoga Allah menjadi kan kita orang yang semakin rindu dengan Baginda Nabi, mudah mengikuti Baginda Nabi," ujar Buya Yahya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement