Kamis 10 Aug 2023 12:31 WIB

Pelatih Gulat Wanita Berjilbab Pertama di Inggris tak Gentar Dobrak Penghalang

Meski berlatih gulat, dia tidak sekalipun berniat untuk melepaskan jilbabnya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pelatih gulat wanita pertama di Inggris Haniyah Kousar (20 tahun). Sebagai Muslimah, dia tetap mengenakan jilbabnya.
Foto: Tangkapan Layar
Pelatih gulat wanita pertama di Inggris Haniyah Kousar (20 tahun). Sebagai Muslimah, dia tetap mengenakan jilbabnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Seorang wanita Tyseley telah mengukir sejarah sebagai pelatih gulat Muslimah pertama di Inggris. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Haniyah Kousar dipercaya menjadi pelatih gulat wanita dari segala usia.

Sebagai seorang kickboxer dan seniman bela diri yang sudah getol sejak kecil, ia sangat mencintai olahraga gulat. Kousar pertama kali dikenalkan gulat oleh saudara laki-lakinya, tetapi dia juga tidak sekalipun berniat untuk melepaskan jilbabnya.

Baca Juga

Sayangnya, komitmen ini mencegahnya mencapai mimpinya untuk berkompetisi secara internasional karena aturan ketat berpakaian dalam gulat. Tidak gentar, Kousar bertujuan mendobrak penghalang tersebut untuk menjadikan olahraga ini inklusif bagi semua orang.

Menurut dia, gulat merupakan olahraga yang penting bagi seorang Muslim, bahkan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. “Kalau itu dianjurkan dalam agama saya, lalu kenapa tidak saya lakukan? Saya selalu melakukan seni bela diri, kick boxing, dan gulat," ujarnya dilansir dari Birmingham Mail, Kamis (10/8/2023).

Sayangnya, orang lebih sering menganggap olahraga gulat hanya bagi kaum laki-laki. Padahal, jika itu sunnah Nabi maka perempuan pun bisa melakukannya.

Sehingga pada saat dia lulus kelas enam, Kousar dengan cepat segera menyelesaikan level satu dan dua untuk bisa menjadi pelatih gulat. Tujuannya hanya satu, membuka kelas gulat khusus untuk Muslimah dari segala usia.

"Itu penting untuk program muslimah kami karena lebih banyak pelatih pria, jadi saya bisa membuat kelas untuk Muslimah," kata dia.

Kousar membuka kelas gulat setiap Sabtu di Impact Fitness Academy. Ia melatih anak-anak perempuan dari usia 12 tahun ke atas. Di antara para peserta latihan, ada ibu dan anak, ada dua saudara perempuan, mereka saling berlatih dan bergulat. "Ini waktu yang menyenangkan penuh tawa," ujar Kousar.

Di masa awal, tidak sedikit yang...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement