Jumat 21 Jul 2023 20:53 WIB

Negara-Negara Muslim Rencanakan Unjuk Rasa Kecam Penodaan Alquran Swedia

Beberapa bersiap untuk demonstrasi jalanan setelah shalat Dzuhur.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pemerintah Swedia mengecam aksi penggerudukan terhadap gedung kedutaan besarnya di Baghdad, Irak, oleh sekelompok pengunjuk rasa
Foto: AP
Pemerintah Swedia mengecam aksi penggerudukan terhadap gedung kedutaan besarnya di Baghdad, Irak, oleh sekelompok pengunjuk rasa

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Negara-negara mayoritas Muslim menyatakan kemarahan pada Jumat (21/7/2023) atas penodaan salinan Alquran di Swedia. Beberapa bersiap untuk demonstrasi jalanan setelah shalat Dzuhur untuk menunjukkan kemarahan mereka.

Di Iran, Irak, dan Lebanon, pengunjuk rasa merencanakan demonstrasi setelah polisi Swedia mengizinkan protes pada Kamis. Seorang warga Irak yang berasal dari Kristen kemudian menjadi ateis yang tinggal di Stockholm menendang dan berdiri di atas Alquran, di luar Kedutaan Besar Irak.

Baca Juga

Beberapa jam sebelumnya, para pengunjuk rasa di Baghdad masuk ke Kedutaan Besar Swedia dan menyalakan api untuk menunjukkan kemarahan mereka atas ancamannya untuk membakar buku itu.

Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani telah memerintahkan pengusiran duta besar Swedia dari Irak dan penarikan kuasa usaha Irak dari Swedia. Tapi itu mungkin tidak cukup untuk menenangkan mereka yang marah, dan protes lain di Bagdad direncanakan pada Jumat sore.

Hak untuk mengadakan demonstrasi publik dilindungi oleh konstitusi di Swedia. Undang-undang penistaan agama ditinggalkan pada tahun 1970-an.

Polisi umumnya memberikan izin berdasarkan keyakinan mereka bahwa pertemuan publik dapat diadakan tanpa gangguan besar atau risiko keselamatan. Bagi umat Islam, pembakaran atau penyalahgunaan Alquran lainnya merupakan penodaan terhadap kitab suci agama mereka.

Meskipun dia tidak menunjukkan tanda-tanda mundur dari keputusannya untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Swedia, Sudani dalam sebuah pernyataan pada Jumat meminta pengunjuk rasa Irak untuk mengidentifikasi dan menangani setiap individu yang mengganggu yang berusaha menyimpang dari sifat damai dan perlindungan konstitusional mereka.

Pada Kamis, Kantor Berita Irak yang dikelola negara melaporkan sekitar 20 orang telah ditangkap sehubungan dengan penyerbuan kedutaan Swedia.

Di antara mereka yang ditangkap adalah seorang fotografer Associated Press dan dua staf Reuters yang meliput protes tersebut. Wartawan yang ditahan dibebaskan beberapa jam kemudian tanpa dakwaan, mengikuti perintah dari kantor perdana menteri.

Di negara tetangga Iran, para demonstran juga berencana turun ke jalan. Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian telah menulis surat kepada Sekretaris Jenderal PBB atas penodaan Quran dan telah memanggil duta besar Swedia.

"Kami menganggap pemerintah Swedia bertanggung jawab atas hasil reaksi provokasi dari umat Islam dunia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani.

Pria di Stockholm itu juga menyeka kakinya dengan foto Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei selama demonstrasinya dan melakukan hal serupa dengan foto ulama Syiah Irak Muqtada al-Sadr, seorang pemimpin kuat di sana.

Kelompok militan Syiah Libanon Hizbullah juga menyerukan demonstrasi Jumat sore. Khamenei dan teokrasi Iran berfungsi sebagai sponsor utama Hizbullah. Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dalam pidato video Kamis malam meminta umat Islam untuk menuntut pemerintah mereka mengusir duta besar Swedia.

“Saya mengundang saudara dan saudari di semua lingkungan dan desa untuk menghadiri semua masjid, membawa Quran mereka dan duduk di dalamnya, menyerukan negara untuk mengambil sikap sikap terhadap Swedia,” kata Nasrallah.

Arab Saudi dan Qatar memanggil diplomat Swedia untuk mengutuk penodaan tersebut. Kementerian Luar Negeri Turki juga mengkritiknya.

Di Pakistan, Perdana Menteri Shehbaz Sharif mengutuk keras peristiwa di Swedia. Dia meminta OKI memainkan peran bersejarah dalam mengekspresikan sentimen Muslim dan menghentikan demonisasi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement