Rabu 19 Jul 2023 10:47 WIB

Masihkah Ada Celah Nikah Beda Agama? Ini Penjelasan Guru Besar UIN

Surat edaran MA bukan berarti mengakhiri praktik pernikahan beda agama.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Masihkah Ada Celah Nikah Beda Agama? Ini Penjelasan Guru Besar UIN
Foto: independent
Masihkah Ada Celah Nikah Beda Agama? Ini Penjelasan Guru Besar UIN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Ilmu Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ahmad Tholabi Kharlie menyambut positif terbitnya SEMA No 2 Tahun 2023. SEMA ini menegaskan spirit Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 8 huruf f UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan bahwa perkawinan yang sah apabila dilakukan menurut agama dan kepercayaannya.

Namun, Tholabi menilai langkah ini tidak cukup untuk mengakhiri sengkarut perkawinan lintas agama di Indonesia. "SEMA No 2 Tahun 2023 ini cukup positif dalam rangka supremasi UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, khususnya di lingkungan lembaga peradilan," ujar Tholabi dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (19/7/2023).

Baca Juga

Hanya saja, Wakil Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menyebutkan, SEMA No 2 Tahun 2023 bukan berarti mengakhiri praktik pernikahan beda agama. Menurut dia, ruang perkawinan beda agama masih tetap tersedia dengan keberadaan Pasal 35 huruf (a) UU No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Pasal tersebut dilandasi spirit pemenuhan hak administrasi warga tanpa praktik diskriminatif. "Realitas ini harus diselesaikan melalui harmonisasi antarnorma di sejumlah peraturan perundang-undangan. Jadi, SEMA saja tidak cukup," kata Tholabi.

Tholabi juga menjelaskan, pertentangan antarnorma di UU Perkawinan dan UU Adminduk ini harus diselesaikan dengan melakukan harmonisasi antar-UU. Langkah ini diyakini akan mengakhiri sengkarut praktik pernikahan beda agama.

Dia memaparkan, dalam kenyataannya terdapat ambiguitas norma antara hukum perkawinan dan hukum administrasi, termasuk putusan hakim terdahulu. "Ambiguitas ini harus dituntaskan dengan tetap berpegang pada konstitusi yang mengatur soal agama dan HAM yang khas Indonesia," kata Tholabi.

Dalam SEMA yang diterbitkan pada 17 Juli 2023 ini, tertulis SEMA tersebut diterbitkan untuk memberikan kepastian dan kesatuan penerapan hukum dalam mengadili permohonan pencatatan perkawinan antar umat yang berbeda agama dan kepercayaan. Dengan demikian, para hakim harus berpedoman pada ketentuan dalam SEMA itu.

Pedoman pertama, yaitu perkawinan yang sah adalah perkawinan yang dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya itu, sesuai dengan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 8 huruf f Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Pedoman kedua, yakni pengadilan tidak mengabulkan permohonan pencatatan perkawinan antar-umat yang berbeda agama dan kepercayaan. SEMA tersebut ditandatangani oleh Ketua Mahkamah Agung RI Muhammad Syarifuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement