Selasa 18 Jul 2023 06:51 WIB

Kapan Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriyah Versi Muhammadiyah?

1 Muharram 1445 Hijriyah versi Muhammadiyah sama dengan pemerintah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Kapan Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriyah Versi Muhammadiyah? Foto:   Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah
Foto:

Perayaan Satu Muharram versi Muhammadiyah didasarkan pada prinsip-prinsip keagamaan, refleksi pribadi, dan pengabdian kepada Allah SWT. Dalam merayakan peristiwa ini, Muhammadiyah mendorong umat Islam untuk memperkuat iman, meningkatkan kebaikan, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Lalu kapan 1 Muharram versi Muhammadiyah?

Muharram merupakan bulan pertama dalam susunan Kalender Islam. Bulan ini termasuk dalam daftar Bulan Haram bersama dengan Zulqaidah, Zulhijah, dan Rajab. Dalam surat at-Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu....” (QS at-Taubah ayat 36).

Dikutip dari situs resmi Muhammadiyah.or.id, Berdasarkan perhitungan Hisab Hakiki Wujudul Hilal, 1 Muharram 1445 Hijriyah jatuh pada 19 Juli 2023. Hasil perhitungan hisab Muhammadiyah ini sama dengan keputusan pemerintah Indonesia. Karena, dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, pemerintah Indonesia juga menetapkan 1 Muharram 1445 Hijriyah jatuh pada Rabu (19/7/2023) besok atau dimulai dari Selasa (18/7/2023) malam nanti habis Maghrib.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement