Jumat 30 Jun 2023 21:39 WIB

AS Kecam Tindakan Keji Pembakaran Alquran di Swedia

Amerika Serikat mengutuk pembakaran Alquran.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
AS Kecam Tindakan Keji Pembakaran Alquran di Swedia. Foto: Islamofobia (ilustrasi)
Foto: Bosh Fawstin
AS Kecam Tindakan Keji Pembakaran Alquran di Swedia. Foto: Islamofobia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON DC -- Amerika Serikat mengutuk pembakaran Alquran di luar masjid di Swedia, Kamis (29/6/2023).

Dilansir di Al Arabiya, Jumat (30/6/2023) seorang pria merobek dan membakar Alquran di luar masjid pusat Stockholm pada hari pertama liburan Idul Adha Muslim.

Baca Juga

Berbicara pada jumpa pers harian, juru bicara Departemen Luar Negeri Matt Miller mengatakan Washington yakin demonstrasi itu menciptakan ketakutan yang secara efektif mengekang kemampuan umat Islam untuk menjalankan agama mereka secara bebas.

"Saya akan mengatakan bahwa kami mengutuknya. Kami percaya demonstrasi itu menciptakan ketakutan yang akan berdampak pada kemampuan umat Islam dan anggota kelompok minoritas agama lainnya untuk secara bebas menjalankan hak kebebasan beragama atau berkeyakinan mereka di Swedia,” ujar Miller.

Dia juga percaya bahwa mengeluarkan izin untuk demonstrasi ini mendukung kebebasan berekspresi dan bukan merupakan dukungan terhadap aksi demonstrasi.

Polisi Swedia telah memberikan izin untuk berlangsungnya protes anti-Quran . Namun setelah pembakaran, polisi mendakwa pria yang melakukannya dengan agitasi terhadap kelompok etnis atau bangsa.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam Swedia atas pembakaran Alquran di Stockholm dan mengatakan Turki tidak akan pernah tunduk pada kebijakan provokasi atau ancaman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement