Kamis 29 Jun 2023 04:45 WIB

Wapres Harapkan Idul Adha Momentum Umat Jadi Muslim Utuh

Kepatuhan Nabi Ibrahim menjadi pengingat bagi umat.

 Wapres Harapkan Idul Adha Momentum Umat Jadi Muslim Utuh. Foto:  Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: undefined
Wapres Harapkan Idul Adha Momentum Umat Jadi Muslim Utuh. Foto: Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriah bagi masyarakat yang pada Rabu (28/6/2023) hari ini atau Kamis (29/6/2023) yang merayakannya. Kiai Ma'ruf berharap hari raya Idul Adha atau qurban ini menjadi momentum umat menjadi muslim yang utuh.

Menurut Kiai Ma'ruf, kepatuhan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT dengan mengurbankan putranya Ismail, hendaknya menjadi teladan umat Islam saat ini.

Baca Juga

"Kepatuhannya kepada Allah SWT dan keikhlasannya untuk berkorban sepatutnya menginspirasi kita untuk menjadi muslim yang utuh mengamalkan perintah Allah sepenuh hati demi kebaikan diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara," ujar Kiai Ma'ruf dalam keterangan yang dibagikan Sekretariat Wakil Presiden, Rabu (28/6/2023).

Menurut Kiai Ma'ruf, keteladanan Nabi Ibrahim juga mengandung pesan mulia tentang keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT yang tidak bercela. Sehingga, Idul Adha juga mengajarkan tentang pentingnya menjunjung kemanusiaan dengan cara berbagi kebahagiaan oleh umat yang memiliki kelapangan.

 

"Nilai-nilai mulia dari Idul Adha terus relevan melintasi zaman dan patut untuk terus kita semaikan dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Kiai Ma'ruf.

Dalam kesempatan itu, Kiai Ma'ruf pun mengajak seluruh umat merayakan lebaran haji ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur dengan semangat untuk membantu sesama.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriah. Mari kita rayakan Idul Adha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama," ujarnya.

Wapres sendiri akan melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Kamis (29/6/2023) esok. Pada lebaran Idul Adha atau haji kali ini, Kiai Ma'ruf juga berqurban sebanyak 56 sapi di sejumlah titik di Jabodetabek, salah satunya di Masjid Iqtiqlal

Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi sekaligus Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi menyampaikan, sapi qurban di Masjid Istiqlal ini berjenis jenis Limousin dengan berat 1.154 kilogram.

"Rencananya, secara resmi sapi kurban tersebut akan diserahkan langsung oleh Wapres usai menunaikan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal kepada panitia kurban pada Kamis, (29/06/2023)," ujar Masduki dalam siaran persnya, Rabu (28/6/2023).

Masduki menyampaikan selain di Masjid Istiqlal, Wapres juga menyerahkan 55 hewan kurban sapi di seputar Jabodetabek dengan berat rata-rata 800 kg dan 10 ekor kambing.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement