Rabu 21 Jun 2023 11:35 WIB

Tips untuk Mualaf

Menjadi seorang muslim bukanlah proses sekali lalu selesai.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Mualaf. Ilustrasi
Foto: Republika/Mardiah
Mualaf. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Orang-orang yang tertarik dengan ajaran Islam terkadang menemukan bahwa agama dan gaya hidup bertolak belakang, sehingga membuat mereka mempertimbangkan untuk pindah agama secara formal.

Jika seseorang meyakini pada ajaran Islam, saudara muslim dengan tangan terbuka menyambut untuk membantu bersyahadat. Setelah mempelajari dan berdoa dengan saksama, jika merasa ingin memeluk Islam berikut adalah beberapa informasi tentang cara melakukannya.

Baca Juga

Berpindah ke agama baru bukanlah langkah yang bisa dianggap enteng, apalagi jika filosofinya sangat berbeda dari yang kita kenal. Tetapi jika kita telah mempelajari Islam dan mempertimbangkan masalah ini dengan hati-hati, ada langkah-langkah yang ditentukan yang dapat kita ikuti untuk secara formal untuk bersyahadat.

Banyak Muslim lebih suka mengatakan bahwa mereka telah "kembali" daripada "beralih" ke Islam. Istilah mana pun secara umum diterima oleh komunitas Muslim.

Sebelum memeluk Islam, pastikan untuk menghabiskan waktu belajar Islam. membaca buku, dan belajar dari muslim lainnya. Keputusan untuk masuk Islam harus didasarkan pada pengetahuan, kepastian, penerimaan, ketundukan, kebenaran, dan ketulusan.

Tidak diperlukan saksi Muslim untuk bersyahadat, tetapi banyak yang lebih memilih untuk mendapatkan dukungan seperti itu. Namun, pada akhirnya, Allah adalah saksi yang paling utama.

Dilansir di About Islam, dalam Islam, ada prosedur yang sangat jelas untuk mengubah atau kembali beriman kepada Allah SW. Bagi seorang muslim, setiap tindakan dimulai dengan niat,

Pertama, Diam-diam, dalam hati, jadikan niat memeluk Islam sebagai keyakinanmu. Ucapkan kata-kata berikut dengan kejernihan niat, keyakinan yang teguh, dan keyakinan, Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

Kedua, Mandilah, secara simbolis bersihkan diri dari kehidupan masa lalu (beberapa orang lebih suka mandi sebelum membuat pernyataan iman di atas; cara mana pun dapat diterima.)

Menjadi seorang muslim bukanlah proses sekali dan selesai. Dibutuhkan dedikasi untuk mempelajari dan mempraktikkan gaya hidup Islami yang dapat diterima,

Berdoa dan mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Terus belajar, belajar, dan bertumbuh dalam iman baru. Cari dukungan dari Muslim jika tersedia.

Pertahankan hubungan keluarga yang ada dengan kemampuan terbaik. Beberapa orang mungkin sulit menerima keputusan kita, tetapi setiap saat cobalah untuk tetap membuka pintu dan jadilah teladan kerendahan hati, kebaikan, dan kesabaran yang baik.

Bagikan kisah mualaf untuk menemukan persahabatan dan menginspirasi orang lain.

Jika suatu saat kita ingin pergi haji (haji) , mungkin diperlukan "sertifikat Islam"; hubungi pusat Islam setempat untuk mendapatkannya; mereka mungkin meminta mengulangi Syahadat di depan para saksi.

 

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement