Ahad 28 May 2023 17:24 WIB

Inilah Apa yang Dimaksud dengan Islam Protestan, Terserah Sikap Umat Islam?

Sikap Panji Gumilang mirip dengan Martin Luther yang mengajarakan Kristen Protestan

DR Menachem Ali, Pengajar Unair yang memiliki keahlian langka membaca naskah-naskah kuno
Foto:

Apa kesimpulannya dari sikap Panji Gulimang itu?

 

 

Kesimpulannya dalam pernyataan itu maka Alquran itu adalah sabda nabi, jadi bukan firman Allah. Kalaupun disebutkan firman Allah namun konteksnya di situ hanya merupakan sabda Nabi. Dan itu berarti firman Allah itu turun derajat dengan hanya selevel dengan hadis nabi. Sementara hadis nabi yang dipahami secara umum dalam ajaran Islam itu kan sebetulnya mempunyai kekuatan sebagai hukum kedua, tetapi oleh Panji Gumilang dinyatakan bahwa ketentuan hadis ini sakhih atau tidak itu kan tergantung manusianya. Manusia itulah kata dia yang menentukan level sakhih, dhaif, l hasan, dalam hadis itu. Jadi hadis pun semakin turun derajat. Jadi kesimpulannya Alquran turun derajat sebagai hadis, hadis turun derajat sebagai qaul ulama. Nah di situlah yang saya maksud sebagai protes dari ajaran Islam yang sudah mapan.

Kemudian apa akibatnya kalau keadaan ini dibiarkan?

 

Jadi kalau sikap Al Zaytun didiamkan bisa jadi nanti akan muncul Muslim Protestan, yakni timbulnya kreasi-kreasi baru dalam ajaran Islam yang sebetulnya tidak lumrah. Keadaan ini akan sama dengan tradisi Kristen yang awal, yakni adanya Katolik dan Ortodoks, yang mana tidak adanya pengkhutbah perempuan. Semua pengkhutbah harus laki-laki. Bahkan, sampai sekarang ketentuan tersebut tetap berlaku dalam Ortodoks dan Katolik. Tapi oleh protestan, karena namanya juga protes, kemudian membolehkan perempuan sebagai pengkhutbah. Hal seperti ini juga kini dilakukan oleh Al Zaytun.

 

Jadi secara teologis dari sisi alkibat maupun hadis menurut ajaran Islam, memang juga tidak ada perempuan yang jadi pengkhutbah di depan umum dalam konteks ritual. Tapi ini dilarbrak itu oleh Martin Luther dan kini di Islam dilabrak oleh Panji Gumilang. Jadi dalam konteks ini Panji Gumilang itu seperti Marthin Luther versi Islam.

 

- Kalau begitu sekarang tergantung pada sikap para pempimpin umat dan ormas Islam menyikapi hal ini?

 

Iya. Kalau dibiarkan maka pasti akan muncul seperti tragedi seperti waktu munculnya Kristen Protestan dahulu itu, dan sekarang itu diakui.  Jadi kalau dibiarkan atau didiamkan artinya ada pengakuan nanti pada akhirnya, Kita tak tahu istilah apa yang akan dipakai mereka, apakah pakai istilah Islam Protestan, Muslim Potestan atau apa. Kita tak tahu. Itu tergantung pada mereka akan menamakan istilah dari pemahaman ajaran keagamaannya sebagai apa.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement