Kamis 25 May 2023 09:50 WIB

Masjid Bukan Lagi Pemandangan Langka, Jepang Kini Rumah Bagi Muslim yang Berkembang

Jepang kini menjadi rumah bagi lebih dari 200 ribu Muslim.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Wakil Presiden Maruf Amin hari ini meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) yang dibangun masyarakat Indonesia di Jepang, Senin (06/03/2023). Masjid Bukan Lagi Pemandangan Langka, Jepang Kini Rumah Bagi Muslim yang Berkembang
Foto:

Masjid Istiqlal Osaka

 Yang terbaru, Masjid Istiqlal Osaka telah dibuka di Bangsal Nishinari Osaka tahun lalu. Tempat ibadah itu berlokasi di bekas bangunan pabrik.

Biaya untuk pekerjaan renovasi sebagian besar ditanggung oleh sumbangan dari orang Indonesia. Indonesia membanggakan diri sebagai populasi Muslim terbesar di dunia.

“Kami berharap dapat menjadikan masjid ini sebagai tempat yang bebas dikunjungi oleh semua Muslim,” kata Herizal Adhardi. Pria berusia 46 tahun dari Indonesia tersebut mengepalai entitas yang mengoperasikan Masjid Istiqlal Osaka.

photo
Wakil Presiden Maruf Amin hari ini meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) yang dibangun masyarakat Indonesia di Jepang, Senin (06/03/2023). - (Dok.BPMI/Setwapres)

Seorang profesor sosiologi di Universitas Sangyo Kyoto yang mempelajari budaya Islam, Hirofumi Okai, menyebut orang Jepang sebelumnya tidak mengenal Muslim. Namun, kondisi saat ini tidak lagi sama.

“Sekarang mereka adalah tetangga kita, kita perlu memikirkan bagaimana hidup bersama mereka dalam masyarakat yang beragam ini," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement