Rabu 24 May 2023 11:37 WIB

Tasyakuran Satu Abad NU, Erick Thohir: Jaga Islam, Jaga Indonesia

Erick Thohir bersyukur ikut andil pada peringatan Satu Abad NU.

Rep: Nursyamsi/ Red: Muhammad Hafil
 Tasyakuran Satu Abad NU, Erick Thohir: Jaga Islam, Jaga Indonesia. Foto:  Wakil Presiden Maruf Amin (kanan) membacakan doa disaksikan Ketua SC Satu Abad NU yang juga Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat acara Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Presiden bersama Wakil Presiden dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad NU sekaligus meresmikan dan membuka kegiatan tersebut. Acara resepsi tersebut berlangsung selama 24 jam dengan diisi beragam kegiatan seperti membaca shalawat dan shalat qiyamul lail, karnaval kebudayaan nusantara, bazar UMKM, dan panggung hiburan rakyat yang akan diisi oleh sejumlah band dan musisi seperti Slank, Rhoma Irama dan Maher Zain.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tasyakuran Satu Abad NU, Erick Thohir: Jaga Islam, Jaga Indonesia. Foto: Wakil Presiden Maruf Amin (kanan) membacakan doa disaksikan Ketua SC Satu Abad NU yang juga Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat acara Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Presiden bersama Wakil Presiden dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad NU sekaligus meresmikan dan membuka kegiatan tersebut. Acara resepsi tersebut berlangsung selama 24 jam dengan diisi beragam kegiatan seperti membaca shalawat dan shalat qiyamul lail, karnaval kebudayaan nusantara, bazar UMKM, dan panggung hiburan rakyat yang akan diisi oleh sejumlah band dan musisi seperti Slank, Rhoma Irama dan Maher Zain.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir meyakini Nahdlatul Ulama (NU) akan tetap menjadi bagian penting dalam menjaga Indonesia. Erick mengaku bersyukur dapat mengemban amanah dan menyukseskan acara satu abad NU dengan menjadi Ketua Pengarah (SC) Satu Abad NU di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), pada Februari lalu.

Erick menyebut momentum satu abad NU harus selalu terjaga. Hal ini dia sampaikan saat menghadiri tasyakuran satu abad NU di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga

"Usia satu abad sudah dilewati, namun akar dan fondasi yang dibangun para pendahulu NU tetap kokoh menopang pembangunan bangsa. Kami percaya Islam rahmatan lil alamin lebih dari mampu untuk menjaga keutuhan Indonesia. Islam maju, Indonesia pun maju," ujar Erick dalam akun Instagram, @erickthohir di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Erick melalui Yayasan Erick Thohir Berakhlak juga memberikan bantuan satu unit ambulans kepada Ponpes Musthafawiyah. Erick menyampaikan bantuan tak hanya datang dari dirinya, melainkan juga Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, dan Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah yang juga menghadiri tasyakuran tersebut. 

 

"Jaga Islam, jaga Indonesia, artinya ketika Islam diberkahkan, Indonesia InsyaAllah berkah. Ketika Islam dimajukan, InsyaAllah Indonesia juga maju. InsyaAllah kebersamaan ini yang indah, bukan justru kerja sendiri-sendiri," ucap pria kelahiran Jakarta tersebut.

Erick juga mengunggah foto bersama KH Yahya Cholil dan Saifullah Yusuf. Mantan Presiden Inter Milan ini menyebut kedua figur itu sebagai sosok guru, kakak, sekaligus kawan berdiskusi yang selalu ia teladani pemikirannya.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengajak seluruh nadhliyin untuk tidak menyia-nyiakan momentum besar satu abad NU. Yahya menilai satu abad NU harus kian memberikan manfaat dan faedah bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Apa pun yang dikerjakan harus bisa dirasakan faedahnya oleh rakyat secara langsung," kata Yahya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement