Jumat 19 May 2023 18:08 WIB

Masjid As Syamil Sampoerna Strategic Square Gelar Halal Bihalal Bersama Aa Gym

Acara itu membawa pesan kerukunan dan saling menghargai.

K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) memberikan tausiyah pada acara halal bihalal yang diadakan oleh Masjid As Syamil Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Rabu (17/5/2023).
Foto: istimewa
K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) memberikan tausiyah pada acara halal bihalal yang diadakan oleh Masjid As Syamil Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masjid As Syamil Sampoerna Strategic Square, Jakarta, mengadakan acara halal bihalal, Rabu (17/5/2023)). Acara dimulai dengan pelaksanaan shalat Dzuhur berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh K.H. Abdullah Gymnastiar (As Gym).

Acara ini dihadiri oleh jajaran pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid As Syamil, Majelis Taklim Madani Indonesia (MTMI), serta perwakilan para tenant dan Pengelola Gedung Sampoerna Strategic Square, yaitu PT. Sampoerna Land. Turut hadir sekitar 500 jamaah, menciptakan suasana kebersamaan yang hangat dan penuh kegembiraan.

Baca Juga

Dalam ceramahnya, AA Gym menyampaikan bahwa Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Ali Imran, Ayat 134, yang artinya, "Orang-orang yang membelanjakan (hartanya) di jalan Allah pada waktu lapang dan sempit, menahan amarah, dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah SWT menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."

Terjemahan tersebut, kata dia, menggambarkan tentang orang-orang yang berderma dan bersedekah di jalan Allah baik dalam keadaan lapang maupun dalam keadaan sempit, mereka mampu menahan amarah mereka, dan memiliki sikap pemaaf terhadap kesalahan orang lain. Allah SWT juga menyukai orang-orang yang melakukan kebaikan. 

“Adapun kriteria bahagia adalah jika semua aktivitas kita menjadi amal saleh,” ujar Aa Gym.

Aa Gym menyebutkan, syarat amal saleh, yaitu ikhlas dan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Antara lain, pertama, berani mengakui kelebihan, kebaikan, dan jasa orang lain.

Kedua, bijak terhadap kekurangan orang lain. “Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. “Jangan ungkit-ungkit kesalahan,” ujarnya.

Ketiga lupakan jasa dan kebaikan diri. “Allah SWT yang menyaksikan dan balas amal kita. Bukan urusan kita kalau orang tidak menghargai. Lakukan dan lupakan,” katanya.

Keempat, lihat kekurangan dan kesalahan diri. “Tidak fokus pada kesalahan orang lain,” ujarnya. 

Oleh karena itu, Aa Gym menekankan pentingnya menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama, terlepas dari perbedaan latar belakang, suku, dan agama. Ia juga memberikan nasihat-nasihat keagamaan yang mendalam, mengajak seluruh jamaah untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan mereka, menjadikan momentum ini sebagai sarana untuk instropeksi diri, membangun kerukunan dan kebersamaan kehidupan bermasyarakat di tengah kemajuan perkembangan zaman dan teknologi. 

Setelah sesi ceramah agama, dilanjutkan dengan ramah tamah dengan jamaah masjid. Amosfer keakraban terlihat jelas, di mana menjadi momen saling bermaafan dan berbagi kebahagiaan dalam suasana yang penuh berkah.

Selanjutnya Luqmanul Hakim selaku ketua Panitia Amaliyah Ramadhan 1444 H, menyampaikan kegiatan halal bihalal ini merupakan rangkaian akhir dari kegiatan amaliyah Ramadhan 1444 H. Selama bulan suci Ramadhan berbagai kegiatan yang dilakukan, yaitu lomba azan, lomba kultum sebagai ajang mencari bakat dan aktualiasi diri para jamaah, iktikaf, menerima dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS) yang berkolaborasi dengan Daarut Tauhid, kajian ba'da Zhuhur pada hari Senin hingga Kamis. 

“Selain itu, Masjid As Syamil juga menyediakan takjil setiap hari dengan jumlah porsi kurang lebih mencapai 300 porsi/hari, sebagai bentuk pelayanan kepada jamaah yang sedang menjalankan ibadah puasa,” ujarnya.

Ketua DKM Masjid As Syamil, Bapak Nur Ichsan menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas kesuksesan acara halal bihalal dan penutupan kegiatan Ramadhan ini. Ia berterima kasih kepada seluruh pihak para jamaah, donatur, dan panitia yang telah berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan ini merupakan tim yang solid.

Ia juga menyampaikan bahwa meskipun setelah melewati masa pandemi, Masjid As Syamil tetap mampu melaksanakan lebih banyak kegiatan yang bermanfaat bagi jamaah dan masyarakat sekitar. “Hal ini menunjukkan semangat dan komitmen yang kuat dalam mempererat tali persaudaraan dan memperkaya kehidupan beragama, yang tidak lepas dari dukungan dari Pengelola Gedung Sampoerna Strategic Square, yaitu PT Sampoerna Land,” ujarnya.

Senada dengan ketua DKM, Muhaemin Toha selaku perwakilan manajemen PT Sampoerna Land menyatakan kegembiraannya atas suksesnya acara tersebut. Ia menyampaikan harapannya agar kegiatan di Masjid As Syamil dapat berlanjut dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang positif dan berdampak baik serta bermanfaat bagi para tenant di gedung Sampoerna Strategic Square, serta masyarakat lingkungan sekitar.

Acara Halal Bihalal dan penutupan kegiatan Ramadhan di Masjid As Syamil Sampoerna Strategic Square berhasil menciptakan momen yang berkesan dan membawa kebahagiaan bagi semua jamaah. “Semoga semangat persaudaraan dan kebaikan yang terpancar dari acara ini dapat terus menginspirasi umat Muslim dan masyarakat sekitar dalam menjalani kehidupan yang penuh berkah,” katanya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement