Senin 15 May 2023 18:34 WIB

Sudah Lima Masjid di Minnesota Amerika Serikat Diserang Lima Bulan Terakhir

Masjid di Minnesota Amerika Serikat kerap menjadi target penyerangan

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Garis Polisi. Ilustrasi. Masjid di Minnesota Amerika Serikat kerap menjadi target penyerangan
Foto:

Adapun Rumah ibadah Minnesota juga bisa mendapatkan bantuan keamanan dari anggota parlemen negara bagian. RUU keamanan publik yang sekarang sedang diperdebatkan di DPR mencakup ketentuan untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang kejahatan rasial di negara bagian. 

Menurut survei Pew Research Center, pada 2014 lalu, sebanyak 0,9 persen warga dewasa Amerika Serikat (AS) memeluk agama Islam. 

Sebelumnya, pada 2011, lembaga yang sama menemukan ada 1,8 juta orang Islam dewasa di Amerika Serikat. Adapun total Muslim dari segala usia di Amerika Serikat adalah 2,75 juta jiwa. 

Survei 2011 itu dilakukan Pew Research Center dengan menggunakan bahasa Inggris, Arab, Farsi, atau Urdu.

Dengan demikian, angka tersebut masih mencakup warga Amerika Serikat yang merupakan keturunan orang Asia Selatan atau Timur Tengah. Tepatnya, sebanyak 63 persen dari total umat Islam di Amerika Serikat adalah imigran. 

Baca juga: 7 Daftar Kontroversi Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun yang tak Pernah Tersentuh

Namun, Survei Pew Research Center pada April 2015 lalu memprediksi kenaikan pesat jumlah pemeluk Islam di Amerika Serikat.

Pada 2010, warga Amerika Serikat yang menganut Islam berjumlah 2,77 juta jiwa dari total populasi sebanyak 310,38 juta jiwa. Pada 2020 mendatang, angka itu diperkirakan bergerak menjadi 3,85 juta jiwa pemeluk Islam dari total populasi 335,03 jiwa orang Amerika Serikat.  

 

Pada 2050 nanti, jumlah orang Islam Amerika Serikat diprediksi mencapai 8,09 juta jiwa dari total populasi 394,35 juta jiwa. Pergerakan hingga 2050 ini melampaui yang terjadi pada agama Yahudi, sebagai agama mayoritas kedua di negeri asal Paman Sam itu.         

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement