Selasa 28 Mar 2023 13:49 WIB

OIAA Gelar Khataman Hingga Tebar Alquran Peringati 1.083 Tahun Al Azhar

Kegiatan melibatkan jaringan alumni yang mengelola pesantren di seluruh Indonesia.

Umat Muslim berbuka puasa di bulan suci Ramadhan di masjid Al-Azhar, di Kairo, Mesir, Sabtu (25/3/2023). OIAA Gelar Khataman Hingga Tebar Alquran Peringati 1.083 Tahun Al Azhar
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Umat Muslim berbuka puasa di bulan suci Ramadhan di masjid Al-Azhar, di Kairo, Mesir, Sabtu (25/3/2023). OIAA Gelar Khataman Hingga Tebar Alquran Peringati 1.083 Tahun Al Azhar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia akan menggelar serangkaian kegiatan memperingati hari jadi ke-1.083 Al Azhar, mulai dari 1.083 khataman Alquran hingga tebar 1.083 paket sembako dan 1.083 mushaf Alquran.

"Tebar 1.083 paket sembako dilakukan untuk masyarakat yang membutuhkan di sekitar kantor OIAA Cabang Indonesia di Bekasi dan kantor-kantor cabang di 23 provinsi di seluruh Indonesia," ujar Ketua OIAA Cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi, Selasa (28/3/2023).

Baca Juga

TGB mengatakan kegiatan 1.083 kali khatam Alquran ini akan melibatkan jaringan alumni yang mengelola pesantren di seluruh Indonesia. Selain itu, OIAA juga menggelar seminar penguatan moderasi beragama, Salam Ramadhan berupa video pendek keagamaan oleh alumni Al Azhar dari seluruh Indonesia, dan resepsi Hari Al Azhar Internasional ke-1.083 yang merupakan puncak peringatan.

"Salam Ramadhan dilakukan melalui kanal Youtube OIAA di OIAA Indonesia Channel dan akun Instagram @oiaaindonesia dan @pusibaoiaa pada pukul 17.00 setiap hari selama Ramadhan," katanya.

 

Adapun resepsi Hari Al Azhar Internasional ke-1083 akan diselenggarakan di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, Selasa. Menurut TGB, Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan akan memberikan sambutan dan amanat untuk alumni Al Azhar di Indonesia.

"Peringatan tahun ini mengambil tema 'Al-Azhar Al-Syarif; Benteng Wasathiyyah dan Mercusuar Pembaharuan'," kata TGB.

TGP pun menyampaikan pesan terima kasih dari Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al-Tayeb kepada wapres atas peran dan dukungan kepada Al Azhar melalui OIAA Cabang Indonesia dalam memainkan peran penguatan moderasi beragama.

"Moderasi beragama atau wasathiyah merupakan salah satu misi penting dakwah Al Azhar di seluruh dunia," kata dia.

Selain itu Al Azhar juga akan menganugerahkan penghargaan sebagai Tokoh Wasathiyah kepada wapres yang akan dilakukan dalam rangkaian Resepsi Hari Al Azhar Internasional ke-1.083.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement