Senin 27 Mar 2023 21:26 WIB

Sinergi Foundation Gagas Ramadhan #BerbagiNextLevel Ajak Masyarakat Salurkan Kebaikan

Program Ramadhan #BerbagiNextLevel salurkan bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

Sinergi Foundation kembali menggagas program-program Ramadhan yang tergabung dalam Ramadhan #BerbagiNextLevel.
Foto: Dok. Sinergi Foundation
Sinergi Foundation kembali menggagas program-program Ramadhan yang tergabung dalam Ramadhan #BerbagiNextLevel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan 1444 H Sinergi Foundation kembali menggagas program-program Ramadhan yang tergabung dalam Ramadhan #BerbagiNextLevel, dalam mengajak masyarakat untuk menyalurkan kebaikan dan kepedulian kepada yang membutuhkan. Dalam penyaluran program Ramadhan tersebut, salah satu yang menjadi subjek penerima manfaat, yaitu masyarakat yang tinggal di daerah simpul kemiskinan. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia, tingkat kemiskinan di Indonesia per September 2022 tercatat sebesar 9,57 persen atau sebanyak 26,36 juta orang berada di bawah garis kemiskinan. Berdasarkan data tersebut, Sinergi Foundation berusaha untuk membantu masyarakat dengan taraf hidup rendah atau dapat dikatakan miskin dengan menyalurkan program Ramadhan. 

Baca Juga

Dengan menargetkan daerah simpul kemiskinan yang berada di Bandung Raya, Bogor, Tangerang dan Jabar untuk menjadi subjek penerima manfaat. Pun masyarakat muslim yang berada di Palestina, serta masyarakat umum muslim. Program Ramadhan yang disalurkan tersebut berupa program Berbagi Iftar dan Berbagi Bingkisan Ramadhan untuk Difabel, Yatim dan Dhuafa.

“Di bulan penuh berkah ini, Sinergi Foundation berusaha untuk mengajak masyarakat lebih sadar lagi untuk membantu sesama terutama masyarakat sekitar yang tinggal di dekat kita. Oleh karenanya, salah satu penerima manfaat yang kita bantu melalui program Ramadhan ini yaitu daerah-daerah terdekat yang masuk ke dalam simpul kemiskinan terdekat yang bisa kami jangkau dan bantu,” ujar Manager Program Sinergi Foundation Rahmi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/3/2023).

Rahmi menambahkan bahwa dengan bantuan yang diberikan kepada masyarakat di daerah tersebut diharapkan dapat meringankan dan memberikan senyuman di bulan penuh berkah. 

“Setidaknya melalui program Ramadhan yang Sinergi Foundation salurkan bisa membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok terutama nutrisi yang dapat dikonsumsi. Karena salah satu bantuan yang Sinergi Foundation berikan dalam program Ramadhan ini yaitu bingkisan berupa sembako. Dengan sembako tersebut semoga bisa membantu bagi masyarakat yang menerima, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar,” lanjut Rahmi.

Dalam penyaluran program Ramadhan ini, tidak hanya daerah dengan simpul kemiskinan yang menjadi subjek penerima manfaat, pun daerah terdampak bencana. Salah satu daerah tersebut yaitu gempa Cianjur. Untuk program yang disalurkannya pun sama dengan daerah simpul kemiskinan, yaitu program Berbagi Iftar dan Berbagi Bingkisan Ramadhan untuk Difabel, Yatim dan Dhuafa. 

Gempa hebat yang mengguncang Cianjur beberapa waktu lalu menjadi perhatian banyak masyarakat. Hingga kini, daerah yang terkena gempa tersebut masih meninggalkan luka dan pedih yang mendalam bagi para korban. Oleh karenanya, Ramadhan ini Sinergi Foundation menargetkan para korban gempa di Cianjur menjadi subjek penerima manfaat program Ramadhan #BerbagiNextLevel. 

“Masih banyak saudara kita yang menjadi korban gempa Cianjur yang membutuhkan bantuan, maka di Ramadhan tahun ini Sinergi Foundation menjadikan para korban gempa Cianjur sebagai subjek penerima manfaat program Ramadhan. Kami berharap dengan bencana yang sudah mereka lalui, namun di bulan Ramadhan ini dengan bantuan yang kita berikan membuat mereka bersemangat untuk menjalani ibadah puasa,” tutup Rahmi.

Tidak hanya daerah dengan simpul kemiskinan dan korban terdampak bencana, pun masih terdapat subjek penerima manfaat lain yang menjadi target penyaluran dari program Ramadhan  #BerbagiNextLevel ini, di antaranya seperti masjid, pesantren, sekolah dan lainnya. Program Ramadhan #BerbagiNextLevel, Sinergi Foundation mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan level kebaikan daripada level sebelumnya untuk dapat menyalurkan kebaikan serta meningkatkan kepedulian membantu masyarakat membutuhkan. 

Program yang digagas oleh Sinergi Foundation dalam Ramadhan #BerbagiNextLevel, di antaranya Berbagi Ifthar, Berbagi Bingkisan Anak Yatim, Difabel dan Dhuafa, Berbagi Al-Quran dan Iqro, Berbagi Tiket Mudik Untuk Dhuafa, Berbagi Bingkisan Untuk Guru Pesantren, Bantuan Pendidikan Santri Hafidz dan Infak Fidyah, serta program Zakat dan Wakaf.

Sinergi Foundation (SF) merupakan lembaga filantropi yang mengelola dana Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program inovasi sosial pemberdayaan. Dalam penyaluran dana ziswaf yang terhimpun, Sinergi Foundation memiliki beberapa program di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement