Senin 27 Mar 2023 03:21 WIB

Masjid Ghaudiyah Medan Adakan Buka Puasa Ramadhan Bersama Komunitas Keturunan India 

Masjid Ghaudiyah mengadakan sejumlah kegiatan meramaikan Ramadhan

Panitia menunjukkan bubur sup khas India yang identik dengan aroma daging kambing di Masjid Ghaudiyah Medan, Sumatra Utara, Sabtu (25/3/2023).
Foto: ANTARA/M. Sahbainy Nasution
Panitia menunjukkan bubur sup khas India yang identik dengan aroma daging kambing di Masjid Ghaudiyah Medan, Sumatra Utara, Sabtu (25/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Masjid Ghaudiyah di Jalan Zainul Arifin Medan, Sumatra Utara mengadakan acara Murei atau berbuka bersama komunitas India Muslim dan para jamaah lainnya setiap Minggu di bulan suci Ramadhan.

"Murei itu berbuka bersama atau bisa dikatakan makan besar bersama antarkomunitas India Muslim maupun jamaah yang hendak makan setiap hari Minggu di bulan Ramadhan," jelas Ketua Yayasan India Muslim Sumut, MHD Sidik Saleh, di Medan, Ahad (26/3/2023).

Baca Juga

Berbagai hidangan khas India disajikan untuk para jamaah yang hendak makan tersebut, di antara nasi briyani, nasi minyak, kari, minuman Chaidan kuliner khas India lainnya.

"Ada donatur yang memberikan baik kelompok maupun perorangan. Sementara, ratusan jamaah yang datang dari berbagai daerah seperti Belawan, Kota Binjai sampai ada yang dari Serdang Bedagai," sebutnya.

Sidik menambahkan, tujuan diadakan acara ini juga mempererat tali silaturahmi antarpara jamaah maupun dengan saudara yang datang dari berbagai daerah.

Salah satu jamaah dari Kota Binjai,MuhammadIlham mengatakan, dirinya mengikuti acara ini setiap Minggu. Sebab, sudah menjadi tradisi yang sejak dilakukan dari kecil.

"Kami sudah dari orang tua maupun kakek mengadakan acara ini. Ya, jadi kami meneruskan tradisi yang baik ini," tambahnya.

Selain mengadakan Murei, Masjid Ghaudiyah rutin memberikan kuliner berbuka khas India seperti bubur sup dan minuman Chai. Selain itu, setiap hari Jumat juga diadakan acara berbuka dengan para mualaf.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement