Selasa 28 Feb 2023 14:08 WIB

300 Santri SMP IT Darul Hikmah Ikuti Pelatihan Literasi Gol A Gong

Santri merupakan penggerak literasi yang mencerahkan kehidupan.

Ilustrasi santri mengikuti pelatihan menulis.
Foto: istimewa
Ilustrasi santri mengikuti pelatihan menulis.

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG AMPAT -- Cerpenis dan Duta Baca Indonesia Gol A Gong bersafari literasi di SMP IT Darul Hikmah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, dalam rangka mengkampanyekan gemar membaca dan menulis di daerah itu, Ahad.Ia mengatakan sambutan pihak sekolah sangat luar biasa. Sekitar 300 santri SMP IT Darul Hikmah mengikuti kegiatan safari literasi dan berdiskusiuntuk meningkatkan budaya membaca dan menulis.

"Kita berharap nantinya SMP IT Darul Hikmah bersinergi dengan Forum Literasi Pasaman Barat bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasaman Barat dalam upaya peningkatan membaca dan menulis," katanya.

Baca Juga

Dia telah menerbitkan 128 buku, salah satunya difilmkan dengan judul Balada Si Roy dan sudah tayang di Bioskop sejak Januari 2023.

Saat ini ia terpilih menjadi Duta Baca Indonesia Periode 2021-2026 menggantikan Najwa Shihab. Selain itu dia juga pernah jadi jurnalis.Ia menyebutkan kegiatan safari literasi ini tidak hanya di Pasaman Barat saja akan tetapi berkeliling di beberapa Kabupaten atau kota di Sumatera Barat.Ia menegaskan dengan berliterasi ada daya juang dalam memperbaiki kualitas hidup.

"Mudah mudahan SMP IT Darul Hikmah menjadi pelopor literasi di Pasaman Barat. Ingat membaca itu sehat, menulis itu hebat," katanya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasaman Barat, Muharram mengatakan SMP IT Darul Hikmah terpilih dalam acara safari literasi langsung dihadiri oleh Duta Baca Indonesia, Gol A Gong."Semoga literasi Darul Hikmah dapat berkembang nantinya," katanya.

Pihaknya juga terus berupaya meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat Pasaman Barat. Di antaranya dengan mengadakan kegiatan anak membaca buku, bunda literasi dan mengadakan pustaka keliling.Pada kesempatan itu Yayasan Darul Hikmah Pasaman Barat juga memajang 6 dari 14 buku yang sudah terbit hasil karya dari pembina yayasan, guru, kepala sekolah serta siswa.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement