Kamis 23 Feb 2023 16:25 WIB

Polisi di Pariaman Ini Rutin Jadi Imam Sholat Berjamaah Bersama Tahanan

Para tahanan di Polres Pariaman yang meminta polisi menjadi imam sholat berjamaah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Polisi di Pariaman Ini Rutin Jadi Imam Sholat Berjamaah Bersama Tahanan . Foto: Anggota Polres Pariaman Kota, Bripka Almar Deri Indra, yang selalu menjadi imam sholat bersama tahanan di Mapolres Pariaman setiap kali bertugas menjaga tahanan
Foto: Dok.Republika
Polisi di Pariaman Ini Rutin Jadi Imam Sholat Berjamaah Bersama Tahanan . Foto: Anggota Polres Pariaman Kota, Bripka Almar Deri Indra, yang selalu menjadi imam sholat bersama tahanan di Mapolres Pariaman setiap kali bertugas menjaga tahanan

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN--Pemandangan menyejukkan terlihat dari kamar tahanan di markas Polres Pariaman Kota saat jadwal sholat ketika Bripka Almar Deri Indra bertugas menjaga tahanan.

Deri, begitu sapaan akrabnya selalu mengajak para tahanan menyegerakan sholat lima waktu secara berjamaah.

Baca Juga

Video kegiatan sholat berjamaah di tahanan Polres Pariaman yang diimami Bripka Deri ini baru-baru ini viral di sosial media. Yakni sejak akun instagram Polres Pariaman Kota mengunggahnya 6 hari lalu.

"Saya melakukan itu (sholat berjamaah bersama tahanan Polres) sejak mutasi ke Polres Pariaman Kota Februari 2022 lalu," kata Deri kepada Republika, Kamis (23/2/2023).

Kini Deri bertugas di Satuan Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) Polres Pariaman kota. Bripka Deri menyebut menjadi imam pada awalnya bukan atas kemauannya sendiri.

Para tananan memang selalu meminta Bripka Deri menjadi imam. Karena para tahanan tersentuh oleh alunan suara bacaan shalat dan ayat suci Alquran yang dilantunkan Deri.

"Saya jadi imam karena permintaan tahanan. Mereka bilang sejuk kalau dengar saya jadi imam. Karena saya pakai irama. Biasanya kalau mereka sholat berjamaah bacaannya tidak pakai irama," ujar Deri.

Deri mengaku belajar membaca Alquran dan menjadi imam sholat di Pondok Pesantren Thawalib di Kota Padang Panjang. Ia lulus di Ponpes Thawalib pada tahun 2003 lalu.

Deri mengatakan ilmu yang diajarkan para gurunya di Ponpes Thawalib Padang Panjang tidak pernah ia lupakan. Supaya tetap melekat pada dirinya, ia selalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain di lingkungan kerja, Deri juga kerap menjadi imam ketika sholat berjamaah di rumah dan di rumah ibadah di sekitar rumahnya.

Deri berprinsip sholat lima waktu sebisa mungkin dilakukan secara berjamaah. Karena Allah SWT menjanjikan pahala yang 27 kali lipat bila melakukan sholat berjamaah.

"Selagi bisa disempatkan, saya akan sholat berjamaah. Karena besar pahalanya jauh sekali dibandingkan sholat sendiri. 27 kali lipat," ucap Deri.

Deri bersyukur ajakannya untuk sholat berjamaah bersama tahanan dapat menjadi inspirasi. Walau berstatus tahanan di Polres, orang-orang yang berhadapan dengan hukum tetap wajib diberi ruang untuk melaksanakan kewajiban sholat lima waktu.

Aktivitas Deri mengimami sholat para tahanan ini juga mendapat respon baik dari pimpinannya di Polres Pariaman Kota.

"Suport dari orang-orang di kantor, termasuk para pimpinan sangat luar biasa positif," kata Deri menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement