Rabu 22 Feb 2023 12:54 WIB

Kemenag Optimistis Kualitas Pengelolaan Zakat Meningkat

Zakat dapat dikelola dengan semangat kolaboratif yang produktif.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin optimis kualitas pengelolaan zakat di Indonesia akan terus meningkat. Hal itu disampaikannya dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2023 bertajuk
Foto: Kemenag
Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin optimis kualitas pengelolaan zakat di Indonesia akan terus meningkat. Hal itu disampaikannya dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2023 bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin optimis kualitas pengelolaan zakat di Indonesia akan terus meningkat. Hal itu disampaikannya dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2023 bertajuk 'Menguatkan Kolaborasi dan Sinergi Program Maslahat Keagamaan Umat', di Pullman Jakarta Central Park, Selasa (21/2/2023).

“Saya merasa sangat bersyukur, bangga, dan optimis ke depan pengelolaan zakat di Indonesia akan semakin bagus, keren, dan berdaya. Mulai dari kuantitas pengumpulan, pendistribusian, hingga dampak pemberdayaan yang dilakukan, baik oleh Baznas maupun LAZ,” ujarnya.

Baca Juga

Kamaruddin juga optimistis, zakat dapat dikelola dengan semangat kolaboratif yang produktif. “Saya optimistis, sinergi dan kolaborasi produktif akan terjalin dengan baik antara Kemenag, Baznas dan LAZ,” ungkapnya.

Terkait itu, Kamaruddin mengajak Baznas dan LAZ, bersama Ditjen Bimas Islam Kemenag saling mendukung dalam memperkuat sinergi kolaboratif tersebut. “Kita harus saling menguatkan, mengokohkan, bersinergi, dan berkolaborasi. Melalui kesempatan ini, saya mengajak teman-teman LAZ, Baznas, dan Bimas Islam untuk berkolaborasi saling mendukung," ujarnya.

“Semakin banyak (dana zakat), semakin bagus pendistribusiannya, semakin berkualitas pendistribusiannya, tentu semakin bagus buat bangsa dan negara ini,” sambungnya.

Kamaruddin juga mengatakan, sejumlah LAZ di Indonesia perlu dipromosikan secara luas kepada masyarakat. Ia pun menyebut, pihaknya akan turut berkontribusi mengajak masyarakat menyalurkan dana sosial keagamaan melalui LAZ.

“Kita harus mempromosikan LAZ-LAZ yang ada di Indonesia. Kalau ada aktivitas, kegiatan, atau apapun yang dilakukan oleh LAZ di kabupaten/kota, provinsi, terlebih di nasional, tolong sampaikan ke kami. Kami akan promosikan. Kami akan bantu sebarluaskan kepada masyarakat. Kami akan dukung, mengajak masyarakat untuk berinfak, berzakat, dan bersedekah melalui LAZ-LAZ tersebut,” jelasnya.

“Nanti kita akan lanjut tindaklanjuti secara teknis antara Bimas Islam Kementerian Agama dengan seluruh Baznas dan LAZ di Indonesia," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement