Senin 13 Feb 2023 00:05 WIB

Di Atas Ring UFC 284, Islam Makhachev: Jangan Lupakan Turki dan Suriah

Islam Makhachev berharap semua pihak membantu korban gempa Turki dan Suriah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Erdy Nasrul
Petarung campuran Islam Makhachev
Foto: Youtube
Petarung campuran Islam Makhachev

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pebela diri campuran Islam berhasil memenangkan pertandingan melawan Alexander Volkanovski pada Ahad (12/2/2023). Uniknya, keberhasilannya meraih kemenangan bukan semata-mata untuk membanggakan diri sendiri. Dia justru membagi kemenangannya untuk korban gempa Turki dan Suriah.

“Tolong, jangan lupakan saudara – saudara kita korban gempa Turki dan Suriah. Kami merindukan kalian semua,” kata Makachev sambil mengangkat tangan, wajah terluka, dan memegang penghargaan UFC kelas ringan.

Makhachev merampungkan duel raja tersebut melalui kemenangan keputusan mutlak setelah bertarung selama lima ronde.

Kepala Kantor PBB untuk Urusan Kemanusiaan Martin Griffiths memperkirakan, jumlah korban tewas akibat gempa yang mengguncang Turki dan Suriah dapat berlipat ganda atau menembus 50 ribu jiwa. Sejauh ini, total kematian di kedua negara tercatat telah mencapai 28 ribu orang.

 

“Saya pikir sulit untuk memperkirakan dengan tepat karena kita masih perlu mencari di bawah reruntuhan. Tapi saya yakin jumlahnya akan berlipat ganda atau lebih. Kita belum benar-benar menghitung jumlah korban tewas,” kata Griffiths dalam sebuah wawancara dengan Sky News, Sabtu (11/2/2023).

Griffiths tiba di di Provinsi Kahramanmaras yang menjadi pusat gempa Turki pada Sabtu lalu. Dia memantau kondisi korban dan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. "Segera, pencarian dan penyelamatan orang-orang akan memberi jalan bagi badan-badan kemanusiaan yang tugasnya menjaga jumlah luar biasa dari mereka yang terkena dampak (gempa) untuk bulan-bulan berikutnya," kata Griffiths dalam sebuah video yang diunggah ke akun Twitter-nya.

Menurut badan bencana Turki, saat ini terdapat 32 ribu orang dari organisasi di negara tersebut yang terlibat dalam misi pencarian dan penyelamatan korban gempa. Sementara tim dari mancanegara berjumlah 8.294 personel. Sejauh ini, Turki telah mencatatkan sedikitnya 24.617 korban tewas akibat gempa. Sementara Suriah telah melaporkan 3.574 kematian.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement