Senin 16 Jan 2023 14:46 WIB

Kemenag Sulut Ajak Tokoh Agama Jaga Ketahanan Pangan dengan Berkebun

Membiasakan menanam akan mengurangi ketergantungan untuk membeli.

Kemenag Sulut Ajak Tokoh Agama Jaga Ketahanan Pangan dengan Berkebun
Foto: Rumah Zakat
Kemenag Sulut Ajak Tokoh Agama Jaga Ketahanan Pangan dengan Berkebun

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) mengajak tokoh agama menjaga ketahanan pangan melalui pekarangan rumah.

Kepala Kanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe mengatakan mempelopori kegiatan "Mari Ba Kobong" (mari berkebun) di lingkungan Kementerian Agama Sulawesi Utara. "Ini program bagus, mengedukasi masyarakat kita untuk kedaulatan pangan. Karena itu saya mengajak pemuka dan tokoh agama, pengurus rumah ibadah, umat beragama serta ASN Kemenag untuk memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah," ujar Sarbin, Ahad (15/1/2023).

Baca Juga

Menurutnya, dengan membiasakan menanam akan mengurangi ketergantungan untuk membeli. "Manfaatkan lahan pekarangan untuk tanaman produktif, minimal dapur hiduplah seperti cabai, tomat, rempah-rempah dapur serta sayur yang mudah tumbuh, kacang panjang, gedi, daun singkong, supaya kita tak perlu beli lagi," jelasnya.

Di wisma haji, katanya, karena pekarangannya cukup luas, ditanami buah-buahan seperti rambutan, alpukat, matoa, manggis, dukuh, dan mangga. Tanaman ini memang membutuhkan waktu tahunan untuk panen.

"Kita menanam saja, biar nanti generasi berikutnya yang menikmatinya," ujar Sehe di wisma haji saat sedang menanam bibit pohon Matoa.

Dia menyatakan mendukung program Gubernur Mari Ba Kobong untuk ketahanan dan kedaulatan pangan. "Daerah ini ditanami apapun pasti hidup. Karena itu dirinya berharap seluruh jajarannya intens membantu melaksanakan program ini dan turut serta mensosialisasikan kepada masyarakat luas," katanya.

"Mari ba kobong, menjadi kegiatan penutup dari seluruh rangkaian peringatan HAB Ke-77 Kementerian Agama tahun 2023," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement