Kamis 10 Nov 2022 17:40 WIB

Sekum Muhammadiyah Imbau Generasi Muda Teladani Para Pahlawan 

Imbauan teladani pahlawan disampaikan Sekum PP Muhammadiyah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Sekum Muhammadiyah Imbau Generasi Muda Teladani Para Pahlawan. Foto: Penjelasan Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti terkait persiapan teknis pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Sekum Muhammadiyah Imbau Generasi Muda Teladani Para Pahlawan. Foto: Penjelasan Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti terkait persiapan teknis pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Abdul Mu'ti bersyukur bisa menikmati kemerdekaan Indonesia yang telah diperjuangkan para pahlawan. Dia pun mengimbau kepada generasi muda sekarang untuk meneladani para pahlawan yang telah berjuang tanpa pamrih untuk kemerdekaan Indonesia.

"Yang penting bagi kita sekarang bukan glorifikasi dari masa lalu dan juga romantisme dari perjuangan para pahlawan tapi yang penting lagi adalah bagaimana kita mengambil keteladanan dari sikap dan jiwa kepahlawanan para tokoh nasional yang telah berjuang tanpa pamrih," ujar Prof Mu'ti saat ditemui dalam acara Bedah Buku "Kontestasi Ideologi Politik: Gerakan Islam Indonesia di Ruang Publik Digital" di Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022). 

Baca Juga

Setelah Indonesia merdeka, menurut dia, para tokoh nasional juga telah berjuang untuk tegaknya kedaulatan negara Indonesia, serta merumuskan berbagai perjuangan secara diplomatik maupun politik untuk memajukan bangsa dan Indonesia.

"Kami tentu saja menyampaikan rasa syukur bahwa kita berkat jasa dan perjuangan dari para pahlawan menikmati kemerdekaan Indonesia yang ke-77," ujar Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini. 

Seperti diketahui, setiap 10 November masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan. Apa yang disampaikan Prof Mu'ti tersebut sesuai dengan tema Hari Pahlawan 2022, yang kali ini mengangkat tema “Pahlawanku Teladanku”.

Peringatan Hari Pahlawan ini berkaitan dengan adanya pertempuran besar yang terjadi di Surabaya antara tentara Indonesia dan tentara sukutu pada tanggal 10 November 1945. Dalam sejarahnya, peristiwa ini tercatat sebagai salah satu pertempuran terbesar setelah Proklamasi.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement