Rabu 12 Oct 2022 08:56 WIB

Tokoh Muslim Dapat Penghargaan karena Selamatkan Ratusan Kristiani 

Abubakar menyelamatkan 262 orang Kristen dari sebuah serangan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Abubakar menyelamatkan 262 orang Kristen dari sebuah serangan. Foto:  Masjid Nasional Nigeri di Abuja, Nigeria.
Foto: Flickr.com
Abubakar menyelamatkan 262 orang Kristen dari sebuah serangan. Foto: Masjid Nasional Nigeri di Abuja, Nigeria.

REPUBLIKA.CO.ID,ABUJA — Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menganugerahkan penghargaan nasional kepada seorang tokoh umat Islam Nigeria, seorang petugas kebersihan bandara dan juga petugas keamanan karena dianggap melakukan tindakan mulia. Mereka masuk dalam daftar 450 warga Nigeria dan non-Nigeria yang mendapatkan Penghargaan Nasional itu. 

Seperti dilansir the Star, Rabu (12/10/2022) tokoh Muslim yang mendapat penghargaan nasional dari Presiden Nigeria itu adalah imam Abdullahi Abubakar. Ia dianggap memiliki jasa besar karena telah menyelamatkan ratusan orang Kristen. Abubakar menyelamatkan 262 orang Kristen dari sebuah serangan salah satu kelompok di Nigeria yang terjadi di Desa Yelwa Gindi Akwati, Negara Bagian Plateau. Abubakar menyelamatkan mereka dengan menyembunyikan orang-orang Kristen itu di dalam masjid sehingga selamat.

Baca Juga

Selain itu, ada juga petugas kebersihan Bandara, yakni Josephine Agu yang berjasa karena telah mengembalikan uang sebanyak 12.200 dolar Amerika yang ditemukan di toilet di Bandara Internasional Murtala Muhammed, Negara Bagian Lagos. Serta seorang petugas keamanan sebuah perbankan, yakni Ogbanago Muhammed Ibrahim yang menemukan dan mengembalikan 10.000 dolar kepada pemiliknya.

Presiden Muhammadu Buhari mengatakan, pemilihan orang-orang yang mendapatkan penghargaan nasional itu berdasarkan sejumlah kriteria, seperti konsisten dalam memberikan manfaat kepada masyarakat dan pembangunan nasional, memberikan layanan yang tidak diminta tanpa pamrih dan filantropi kepada kemanusiaan, pengorbanan yang luar biasa dalam membela suatu tujuan yang secara populer dinilai positif, relevan dan bermanfaat bagi bangsa dan masyarakat. Kriteria lain untuk memilih penerima penghargaan adalah tindakan keberanian yang berbeda dalam melindungi dan atau membela kepentingan nasional, perdamaian publik, keselamatan jiwa dan harta benda.

Presiden Buhari yang menekankan bahwa pembangunan bangsa melibatkan banyak pengorbanan warga, ia mengatakan warga negara yang berkontribusi terhadap pembangunan nasional layak untuk didorong dan diapresiasi.

“Kami juga memiliki dalam daftar, Imam Abdullahi Abubakar, seorang pemimpin agama yang menyembunyikan lebih dari 262 orang Kristen di masjidnya dari serangan di desa Yelwa Gindi Akwati, di Negara Bagian Plateau. Dia adalah contoh yang baik dari toleransi beragama yang kami khotbahkan di antara orang Nigeria. Saya senang dia dihormati hari ini dengan Anggota Ordo Republik Federal (MFR)," katanya

“Meskipun tantangan ekonomi saat ini, Nigeria masih membanggakan integritas pria dan wanita, Josephine Agu, petugas kebersihan bandara mengembalikan 12.200 dolar yang ditemukan di toilet di Bandara Internasional Murtala Mohammed, Lagos serta Ogbanago Muhammed Ibrahim, petugas keamanan bank yang menemukan dan mengembalikan $10.000,"katanya.

“Hari ini, kami merayakan martabat dan kekuatan karakter mereka yang kuat dengan menganugerahkan Kehormatan Nasional kepada mereka. Mereka adalah contoh cemerlang bagi generasi muda kita," tambahnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement