Sabtu 23 Jul 2022 01:35 WIB

Kisah Wanita Muslim Inggris: Pakai Burkini, Sebuah Kebebasan

Burkini membuat wanita Muslim leluasa menikmati kegiatan di air.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Perempuan Muslim mengenakan pakaian renang tertutup atau burkini di Pantai Marseille, Prancis, 17 Agustus 2016. Kisah Wanita Muslim Inggris: Pakai Burkini, Sebuah Kebebasan
Foto:

Tidak dapat disangkal untuk pertama kali memakai burkini, orang-orang melihat dan menatap. Lucunya, lebih banyak pria daripada Wanita melihat. Namun, seiring berjalannya waktu, ia tidak terlalu peduli apa yang orang pikirkan tentangnya. Dia hanya memiliki niat menikmati liburan tanpa mengorbankan keyakinannya hanya membuat orang lain lebih nyaman.

Setelah memutuskan menulis artikel ini, Diva memutuskan memakai burkininya lagi dan mengujinya untuk pertama kalinya di Inggris. Dia, sang suami, dan dua anaknya memutuskan pergi ke kolam renang umum setempat.

Setelah berganti pakaian di ruang ganti, kecemasan sama yang dirasakan di Tunisia melanda lagi. Tetapi kali ini lebih buruk dengan meningkatnya serangan Islamofobia dan rasialis sejak Inggris memilih meninggalkan UE.

Kenyataan itu membuatnya hampir merasa mual karena gugup melangkah keluar. Suaminya tertawa dan memintanya berhenti menjadi seorang yang hipokrit. Ia justru harus merasa bangga pada dirinya.

Diva merasa burkini benar-benar membebaskannya sebagai wanita Muslim, membuatnya untuk bersosialisasi lebih banyak dalam pengaturan yang berbeda, membuatnya untuk menikmati kegiatan rekreasi dan waktu bersama anak-anak.

Sayangnya, dia tahu banyak orang seusianya yang melewatkan banyak pengalaman tumbuh dewasa karena burkini tidak tersedia untuk ibu mereka. Dia tidak menginginkan hal yang sama pada anak-anaknya. Dia ingin bisa membawa mereka ke berbagai tempat, mengajari mereka berenang, mengarungi seluncuran air bersama mereka, dan menciptakan kenangan indah dan baginya burkini membuatnya bisa melakukan semua hal di atas.

https://aboutislam.net/reading-islam/living-islam/my-burkini-story-from-freedom-to-anxiety/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement