Kamis 07 Jul 2022 03:54 WIB

Muslim Inggris Keluhkan Meningkatnya Serangan Islamofobia

Masjid menjadi target serangan Islamofobia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Islamofobia (ilustrasi)
Foto:

Abosaly mengungkapkan, komunitas Muslim membutuhkan ruang yang aman untuk menyuarakan keprihatinan mereka, sebuah organisasi yang akan mengambil tindakan terhadap Islamofobia dan serangan brutal terhadap orang-orang yang rentan.

Muslim lain, Nadine Asbali, menceritakan bagaimana ketika ia sedang berada di dalam Ilford Islamic Centre, London timur, yang kemudian jamaah dilempari telur pada Mei lalu. "Setelah mendengar masjid lain diserang, sangat menakutkan jika hal itu terjadi pada Anda hanya beberapa langkah dari tempat kami," ujarnya.

"Meskipun saya merasa lega bahwa itu tidak lebih serius dan tidak ada yang terluka, itu membuat saya dan teman-teman dan keluarga saya merasa rentan. Ini memperkuat bahwa di mana pun kita berada di negara ini, akan selalu ada orang yang berusaha menyerang dan membahayakan kita. Sejak itu saya selalu was-was kalau sholat di masjid, setengah berharap hal seperti ini terjadi lagi," ungkapnya.

Seorang perwakilan dari MEND, sekaligus salah satu pendiri laporan tersebut menyampaikan, itu semua mencerminkan kenyataan dari apa yang telah dialami komunitas Muslim selama bertahun-tahun dan pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melakukan sesuatu tentang hal ini.

"Survei kami menemukan bahwa hanya sepertiga masjid yang mengajukan permohonan pendanaan di bawah skema sebelumnya yang benar-benar menerimanya, jadi kami khawatir meskipun angka utamanya mengesankan, hanya sedikit masjid yang akan menerima dana tersebut," katanya.

Zaynah Asad, manajer proyek di Sensus Muslim, mengingatkan bahwa masjid adalah bagian penting bagi umat Islam di Inggris terutama sebagai tempat beribadah. Tetapi juga menyediakan ruang bagi masyarakat dalam mengadakan acara dan menjadi pusat pendidikan dan informasi. 

"Adalah tanggung jawab pemerintah untuk memastikan masjid dilindungi, dan sementara kami menyambut baik upaya pemerintah untuk menyediakan dana untuk keamanan masjid, temuan kami menunjukkan upaya ini tidak cukup," tuturnya. 

 

Sumber: https://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/mosque-attack-islamophobia-muslim-b2113765.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement