Rabu 04 May 2022 14:14 WIB

Pria Hindu di India Jadi Penjaga Masjid Berusia 350 Tahun

Bechan Baba, adalah penjaga masjid Chowkhamba atau Masjid Anarwali.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Masjid di India (ilustrasi)
Foto:

Namun, bagaimana rasanya menjadi seorang Hindu yang mengurus masjid? Sambil menyesap masala chai-nya yang baru dibuat, dia menjawab dalam bahasa Hindustan, "Hanya ada satu Tuhan untuk semua orang, Anda hanya memiliki nama yang berbeda. Terkadang Dia dipanggil Ishwar, terkadang sebagai Allah, itu satu dan sama. Kami Banarasis, kami percaya hidup bersama dalam harmoni".

Ishwar adalah kata Sansekerta untuk Tuhan atau Makhluk Tertinggi untuk umat Hindu, sementara Allah adalah kata dalam bahasa Arab yang digunakan Muslim untuk menyebut Tuhan.

Meskipun kota ini merupakan pusat budaya Hindu, di mana ratusan ribu orang berkumpul secara teratur untuk upacara kematian dan pemakaman dengan keyakinan kota itu akan membebaskan jiwa-jiwa ke surga, Varanasi juga memiliki masjid-masjid yang berasal dari zaman kaisar Mughal, yang memerintah India dari abad ke-16 hingga ke-18.

Setelah shalat Subuh, seorang jamaah Muslim Saheb Nizamuddin bergabung dalam percakapan. Kebersamaan antara dua sosok ini terlihat cukup dalam. Nizamuddin disebut sering membantu Bechan memelihara masjid, memimpin doa dan mengumandangkan adzan lima waktu sehari.

"Bechan Baba diberkati, semua orang merasa begitu," ucap Saheb.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement