Jumat 26 Jan 2024 11:31 WIB

Aparat Hancurkan Warung PKL Muslim di India Menyusul Bentrokan Pascaperesmian Kuil

Tidak ada cedera serius yang dilaporkan dalam huru-hara tersebut.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pemandangan saat peresmian kuil agung dewa Hindu Dewa Ram di Ayodhya, India, 22 Januari 2024. Kuil dibangun di bekas lahan Masjid Babri.
Foto: India's Press Information Bureau/Handout via
Pemandangan saat peresmian kuil agung dewa Hindu Dewa Ram di Ayodhya, India, 22 Januari 2024. Kuil dibangun di bekas lahan Masjid Babri.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Bentrokan agama meletus di Mumbai, India pada Ahad (21/1/2024). Pihak berwenang di Mumbai menghancurkan beberapa warung kaki lima milik Muslim.

Bentrokan terjadi setelah PM Narendra Modi meresmikan kuil yang dibangun di atas reruntuhan masjid Babri abad ke-16. Dalam bentrokan tersebut, umat Hindu meneriakkan slogan-slogan agama melewati lingkungan Muslim di pinggiran kota besar.

Baca Juga

Tidak ada cedera serius yang dilaporkan dalam huru-hara tersebut. Namun, pada Selasa lalu, pihak berwenang telah memanggil ekskavator untuk merobohkan puluhan warung kaki lima milik Muslim di wilayah itu, menurut laporan media lokal.

BACA JUGA: Perbanyak Dzikir dan Shalawat, Bisa Membuat Hati Bersih dan Bersinar

Malam berikutnya, 40 warung lainnya dirobohkan di Mohammed Ali Road, jalan raya utama di pusat kota dan pusat perdagangan Muslim lokal yang juga pernah mengalami bentrokan akhir pekan.

"Kami sedang melakukan pembersihan jalan yang mendalam di mana beberapa pedagang kaki lima sementara dan sebagainya dipindahkan," kata seorang petugas kota setempat, yang menolak disebutkan namanya, dilansir dari TRT World, Jumat (26/1/2024).

Banyak pedagang dari semua agama membangun kios kaki lima dari kanvas dan kayu untuk melindungi bisnis dan pelanggan mereka dari matahari kota yang terik dan hujan monsun yang melanda.

Pejabat kota mengatakan kepada media lokal bahwa penertiban itu rutin dan direncanakan sebelum bentrokan Ahad. Tujuannya untuk membersihkan perambahan ilegal dan mengurangi lalu lintas pejalan kaki.

Keadilan Buldoser

Yang disebut "keadilan buldoser" telah menjadi alat yang semakin umum dari pejabat lokal di India untuk menghukum tersangka dengan menghancurkan properti mereka.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah mengutuk praktik tersebut karena melanggar hukum. Tindakan itu dipandang sebagai hukuman kolektif yang secara tidak proporsional menargetkan Muslim negara itu.

Aaker Patel dari Amnesty International mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa perjalanan minggu ini di Mumbai mewakili kebijakan menghancurkan properti Muslim secara sewenang-wenang dan menghukum setelah episode kekerasan komunal.

Drive pembongkaran telah digunakan di banyak negara bagian India yang diperintah oleh Partai Nasionalis Hindu Modi Bharatiya Janata (BJP) dalam beberapa tahun terakhir terhadap rumah-rumah orang-orang yang dituduh berpartisipasi dalam protes anti-pemerintah.

Muslim merupakan sebagian besar dari mereka yang ditargetkan dalam kampanye. Pejabat di tempat lain di India biasanya mengatakan pembongkaran itu sah karena mereka hanya menargetkan bangunan yang dibangun tanpa persetujuan resmi.

Itu diperdebatkan oleh para korban, yang mengatakan mereka tidak diberi periode pemberitahuan yang diwajibkan secara hukum. Bentrokan pada Ahad terjadi pada malam peresmian Modi dari kuil Hindu baru untuk dewa Ram di kota utara Ayodhya.

Outlet media lokal mengatakan, setidaknya 13 orang telah ditangkap karena berpartisipasi dalam bentrokan akhir pekan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement