Sabtu 26 Mar 2022 13:34 WIB

Merajut Asa, Meraih Mimpi Bersama Pagar Nusa

Pencak silat bukan sekadar ilmu bela diri, tapi juga bagian dari jalan hidup santri.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Aksi pendekar pencak silat Pagar Nusa dalam Kejurnas IV Pagar Nusa.
Foto:

Mempersiapkan Atlet Terbaik

Kejurnas dan Fesival IV Pagar Nusa tahun ini mengangkat tema “Berdikari Berprestasi”. Tema ini diharapkan bisa mendorong para pendekar muda Pagar Nusa untuk selalu mandiri dan meraih prestasi di berbagai ajang kejuaraan pencak silat. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa NU, Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil mengatakan, Kejurnas ini juga bertujuan untuk mempersiapkan atlet-atlet terbaik untuk dikirim ke kejuaraan tingkat nasional lainnya maupun tingkat internasional. 

“Kita sedang berjuang bagaimana pencak silat ini mendunia, bisa dipertandingkan di Olimpiade. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan prestasi atlet-atlet kita, kualitas para pendekar kita, para pesilat kita,” ujar Gus Nabil. 

photo
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa NU, Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil - (Muhyiddin/Republika)

Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa juga merupakan ajang untuk mengevaluasi pembinaan yang telah dilakukan pimpinan cabang dan wilayah Pagar Nusa. Ratusan atlet yang akan bertanding di kejuaraan tingkat nasional ini akan mengasah kemampuan yang telah dimilikinya. 

Berdasarkan laporan ketua panitia, 407 atlet dari 19 Kontingen/Provinsi akan memperebutkan 300 lebih medali, yang terdiri dari kategori seni, jurus baku, dan festival. Kejurnas ini terbagi atas pra remaja, remaja, dan dewasa dengan empat kategori yakni perorangan putra, perorangan putri, berpasangan, dan berkelompok. 

Komandan Pasukan Inti Nasional Pagar Nusa NU, Malik menjelaskan, para pendekar muda Pagar Nusa saat ini terus mengasah diri untuk masuk menjadi atlet pencak silat dan berprestasi di tingkat nasional. 

“Untuk prestasi Pagar Nusa sudah mulai merata. Artinya, di seluruh PW atau PC itu dalam hal prestasi mereka semakin maju. Untuk tingkatannya Insya Allah ini ada yang sudah sampai pada pemusatan latihan di IPSI Nasional,” ujar pendekar yang akrab dipanggil Ndan Malik ini.

Selama ini, ungkapnya, para pendekar Pagar Nusa telah banyak yang berkiprah untuk agama dan bangsa. Ndan Malik berharap, ke depannya semakin banyak juga santri Pagar Nusa yang berkiprah di bidang olahraga dengan menjadi altlet nasional. 

“Yang jelas Pagar Nusa ingin terus melahirkan atlet-atlet nasional dan berkiprah dalam setiap event IPSI,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement