Jumat 25 Mar 2022 12:12 WIB

UEA Luncurkan Kursus Budaya Islam dalam 12 Bahasa untuk Mualaf

UEA meluncurkan kursus budaya Islam dalam 12 bahas untuk mualaf.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Mualaf tengah berdoa (ilustrasi)
Foto:

Kursus ini mencakup lima tingkat dengan total 70 jam mengajar. Tingkat pertama berfokus pada pengajaran wudhu dan shalat, baik secara teoritis maupun praktis. Ditambahkan pula pemaknaan dan manfaat rohani dan jasmaninya.

Tingkat kedua bertujuan meningkatkan niat baik individu, dengan menggambarkan perspektif inklusif tentang Islam. Harapannya, untuk memastikan pemenuhan hak dan kewajiban dalam lingkungan yang terintegrasi, yang menjamin interaksi manusia, rasa hormat, serta tanggung jawab individu dan komunal.

Selanjutnya, pada tingkat ketiga diharapkan untuk mempererat ikatan individu dengan kitab suci dan biografi kenabian sebagai wahyu Tuhan dan sumber pembelajaran, pengetahuan dan nilai-nilai kemanusiaan.

Tingkat keempat bertujuan menanamkan kebajikan dan etiket seperti disiplin, kebersihan, kerapihan, harga diri dan simpati yang diambil dari kehidupan, karakteristik, dan pendekatan Nabi Muhammad dalam berurusan dengan orang-orang dari semua jenis.

 

Tingkat terakhir bertujuan untuk memperkenalkan konsep iman dan hubungannya yang erat dengan kebahagiaan sejati bagi umat manusia. Di sisi lain, akan ditekankan pentingnya moral sebagai etika sosial yang berkontribusi pada komunitas yang koheren.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement