Kamis 24 Mar 2022 12:58 WIB

Jilbab Ancam Sekulerisme India?

Intoleransi agama melebarkan kesenjangan antara Hindu dan Muslim di India.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Wanita Muslim mengenakan Hijab (jilbab) dengan teman-teman makan siang di Government Pre-University College di Bangalore, India, 16 Februari 2022. Pengadilan Tinggi Karnataka mendengar pada 16 Februari petisi yang menentang larangan hijab di lembaga pendidikan sebagai perguruan tinggi pra-universitas dibuka setelah ditutup selama seminggu, karena deretan hijab. India telah mengalami peningkatan jumlah kejahatan kebencian dan serangan terhadap Muslim, Kristen, dan Minoritas dalam beberapa bulan terakhir. Jilbab Ancam Sekulerisme India?
Foto:

Sebuah upaya untuk menggantikan pluralitas

“Serangan terhadap jilbab adalah upaya politik untuk menggantikan pluralitas India dengan keseragaman supremasi Hindu. Itulah mengapa sangat mengganggu bahwa putusan Pengadilan Tinggi Karnataka menggunakan keseragaman sebagai salah satu alasan menegakkan keputusan perguruan tinggi melarang jilbab," kata Sekretaris Asosiasi Wanita Progresif Seluruh India Kavita Krishnan. 

Krishnan, yang telah bekerja sebagai pekerja tingkat akar rumput selama dua dekade, menambahkan dia sangat kecewa dengan keputusan tersebut. Selain itu, dengan tujuan membawa anak-anak sekolah lebih dekat dengan agama Hindu, Departemen pendidikan negara bagian barat Gujarat baru saja mengumumkan dimasukkannya Bhagavad Gita, salah satu kitab suci, dalam kurikulum sekolah negara bagian. Ada proposal tambahan untuk memasukkannya ke sekolah-sekolah di seluruh negeri.

Pada saat intoleransi agama melebarkan kesenjangan antara Hindu dan Muslim di India, para aktivis mengatakan penting untuk menekankan kekayaan warisan budaya bersama dari kedua komunitas. Vinalini Mathrani, seorang konsultan penelitian di bidang kesehatan masyarakat, telah menghabiskan lebih dari 14 tahun bekerja di distrik Koppal di Karnataka utara. Dia telah melihat umat Hindu dan Muslim tidak hanya hidup bersama sebagai tetangga dan teman, tetapi juga membangun sistem pendukung satu sama lain.

"Hari ini, tetangga yang sama bingung dan curiga satu sama lain. Ini mengganggu, menyedihkan, dan pertanda buruk bagi masa depan kita," kata Mathrani. 

Ancaman bagi ruang keagamaan bersama?

Di India, ada beberapa kuil terkenal yang sering dikunjungi oleh penganut agama yang berbeda, di antaranya Gereja St. Michael di Mumbai. Selain itu, ada tempat-tempat suci yang telah menjadi pusat budaya bagi umat Islam dan Hindu. Kuil-kuil sinkretis ini termasuk makam, atau dargah, para sufi, seperti makam Moinuddin Chisti di Ajmer, Rajasthan dan keturunannya Salim Chisti di Fatehpur Sikri, Uttar Pradesh.

Mengingat nasionalisme agama telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan munculnya Partai Bharatiya Janata (BJP) sayap kanan yang berkuasa, para pengamat mengatakan upaya sedang dilakukan untuk menciptakan masyarakat standar dengan mengubah atau meremehkan struktur pluralistik yang ada. "Setiap tahun pada Hari Republik, pluralitas kami diperlihatkan sepenuhnya. Mengintervensi gadis-gadis yang mengenakan jilbab tidak dapat diterima. Ada posisi konstitusional dan eksekutif dalam menerima semua bentuk pakaian," kata pengacara hak asasi manusia Tulika Srivastava. 

Para ahli mengatakan larangan jilbab di sekolah juga semakin meminggirkan wanita Muslim di negara itu. "Ada beberapa contoh perempuan India-Muslim menjadi sasaran kebencian Hindu. Kewarganegaraan mereka dipertanyakan dan patriotisme mereka ditantang. Setiap kali mereka menegaskan hak sipil dan konstitusional mereka, mereka dicap sebagai agen politik," jelas seorang asisten Profesor di Aligarh Muslim University, Sana Aziz.

photo
Pelajar perempuan India yang dilarang memasuki ruang kelas mereka karena mengenakan jilbab, jilbab yang digunakan oleh wanita Muslim, berjalan di luar kampus mereka di Udupi, India, Senin, 7 Februari 2022. - (AP/AP)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement