Ahad 27 Feb 2022 05:25 WIB

10 Ibrah dari Peristiwa Isra Miraj

Peristiwa isra miraj menyimpan lautan ilmu dan pelajaran yang banyak sekali

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Isra Miraj Rasulullah SAW.
Foto:

10. Pelajaran dari “Pembelahan dada Nabi ﷺ”

Setiap orang yang dikehendaki Allah untuk menghadapi sesuatu yang sangat dahsyat, maka dia akan diberi bekal persiapan yang kuat. Nabi Musa Alaihissallam, misalnya, tatkala akan diutus oleh Allah kepada raja Fir’aun, Allah memberinya sebuah tongkat dan memberikan percobaan untuknya agar dia nanti tidak kaget ketika melihat tongkatnya menjadi ular yang besar.

Demikian pula Rasul kita Muhammad ﷺ, dadanya dibelah oleh Malaikat Jibril Alaihissallam dan diisi dengan hikmah dan keimanan agar dia siap untuk  melihat keajaiban-keajaiban isra‘ mi’raj, sebab apabila hati manusia sudah baik maka akan baik pula seluruh anggota tubuh. Nabi ﷺ bersabda:

“Ketahuilah bahwa dalam jasad manusia ada sekerat daging, apabila itu baik maka seluruh anggota tubuh lainnya akan baik dan apabila jelek maka akan jelek pula seluruhnya. Ketahuilah bahwa (sekerat daging) itu adalah hati.” (Muttafaq ’alaih) 

 

"Demikianlah beberapa mutiara ilmu yang dapat kita ambil dari peristiwa isra mi’raj. Sungguh yang terpenting dari peristiwa tersebut adalah kita dapat mempelajari dan mengambil ibrah darinya, bukan hanya sekadar rutinitas belaka atau sebagai perayaan yang tidak diizinkan oleh Allah. Semoga dengan penjelasan tadi, kaum muslimin dapat mengambil manfaat darinya. Amin," papar Ustadz Abu Ubaidah Yusuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement