Ahad 27 Feb 2022 05:25 WIB

10 Ibrah dari Peristiwa Isra Miraj

Peristiwa isra miraj menyimpan lautan ilmu dan pelajaran yang banyak sekali

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Isra Miraj Rasulullah SAW.
Foto:

7. Antara Nabi dan al-Buraq

Allah telah menambah penghormatan kepada Rasulullah ﷺ, sebagai tamu yang agung dengan sebuah kendaraan yang unik (yakni Buraq) dan  pendamping yang menghiburnya (Jibril Alaihissallam), sebagaimana penduduk surga pergi ke surga dengan menaiki kendaraan nan penuh penghormatan. Allah berfirman: 

"(Ingatlah) hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang taqwa kepada Tuhan yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang terhormat." (QS Maryam ayat 85)

Dan ketika Rasulullah ﷺ menambatkan Buraq, maka beliau ingin mengajarkan kepada kita agar mengambil sebab, karena mengikat kendaraan tidaklah menafikan tawakal kepada Allah. Nabi ﷺ pernah bersabda kepada seorang Arab badui yang membawa untanya, “Ikat dulu, baru kemudian bertawakal.” (Hasan. Riwayat Tirmidzi)

8. Kewajiban shalat

Setiap ibadah diwahyukan kepada Rasulullah ﷺ saat beliau di muka bumi, kecuali ibadah shalat. Allah mewahyukan kewajiban shalat tersebut di atas langit. Bukankah hal ini menunjukkan betapa pentingnya masalah shalat. 

9. Ketinggian Allah

Al-Hafizh Ibnu Abil Izzi al-Hanafi rahimahullah berkata, “Dalam hadits mi’raj ini terdapat dalil tentang ketinggian Allah ditinjau dari beberapa segi bagi orang yang mencermatinya.” (Syarh Aqidah ath-Thahawiyyah)

Seandainya saja Allah ada di mana-mana, seperti sangkaan kaum Jahmiyyah, niscaya Nabi ﷺ  tidak perlu susah-susah diangkat ke langit! 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement