Selasa 22 Feb 2022 20:00 WIB

Ada Tiga Kategori Dakwah Terkait Teknologi, Apa Saja?

Jika dikaitkan dengan teknologi, dakwah dapat dikategorikan menjadi tiga.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Dakwah islamiyah (ilustrasi). jika dikaitkan dengan teknologi, dakwah dapat dikategorikan menjadi tiga.
Foto:

Kiai Solikhin menjelaskan, e-dakwah juga menjadi sangat signifikan terkait dengan lalu lintas kesibukan, komunikasi, kebutuhan informasi dan profesionalisme manusia. Misalnya, di mana pun berada saat ini orang akan dapat mengetahui waktu shalat di seluruh penjuru dunia.

Dengan IT, menurut Kiai Solikhin, umat Islam juga dapat dipermudah untuk mendapatkan informasi-informasi lebih awal tentang hal-hal penting terkait ibadah massal. Misalnya, informasi tentang awal puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha.

E-dakwah tidak lain adalah upaya pemanfaatan teknologi informasi sebagai respons aktif kreatif terhadap perkembangan yang ada dengan memandang sisi positifnya. Jika dakwah konvensional dibatasi ruang dan waktu, maka e-dakwah bisa melintasi ruang dan waktu.

Menurut Kiai Solikhin, paling tidak ada tiga hal yang menjadikan e-dakwah begitu penting di zaman sekarang ini. Petama, yaitu karena umat Islam telah menyebar ke seluruh dunia. Kedua, karena Islam dicitrakan kurang baik oleh media Barat, sehingga perlu diluruskan. Sedangkan yang ketiga, untuk menunjukkan bahwa muslim bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada, selama tidak bertentangan dengan akidah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement