Selasa 22 Feb 2022 20:00 WIB

Ada Tiga Kategori Dakwah Terkait Teknologi, Apa Saja?

Jika dikaitkan dengan teknologi, dakwah dapat dikategorikan menjadi tiga.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Dakwah islamiyah (ilustrasi). jika dikaitkan dengan teknologi, dakwah dapat dikategorikan menjadi tiga.
Foto: blogspot.com
Dakwah islamiyah (ilustrasi). jika dikaitkan dengan teknologi, dakwah dapat dikategorikan menjadi tiga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  KH Muhammad Solikhin menulis buku berjudul “Islam rahmatan lilalamin” yang bisa dijadikan sebagai panduan dakwah umat Islam Indonesia dalam konteks kekinian. Berbeda dengan buku-buku dakwah lainnya, buku ini juga menawarkan sebuah metode dakwah dengan information dan teknologi (IT), sehingga Islam rahmatan lil alamin tersebut benar-benar dapat terwujud di tengah-tengah masyarakat.

KH Muhammad Solikhin menjelaskan, dakwah dengan IT sebenarnya sebuah tema yang lama. Ia sama tuanya dengan hiruk-pikuk dakwah multimedia dan isu Islam dan globalisasi. Namun, hal ini tetap penting sebagai wacana pencarian sebuah alternatif gerakan dakwah sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini.

Baca Juga

Muhammad Solikhin sediri termasuk salah satu kiai yang melek dengan perkembangan teknologi informasi. Menurut dia, jika dikaitkan dengan teknologi, dakwah dapat dikategorikan menjadi tiga.

Pertama, yaitu dakwah konvensional yang terbagi atas majelis tabligh, majelis taklim, dan majelis takwa. Kedua, teledakwah (mengambil istilah dari televangelisme). Sedangkan yang ketiga adalah e-dakwah yang meliputi dakwah digital, dakwah elektrobik, dan dakwah via internet.

 

Menurut Kiai Solikhin, teknologi memang memang memberikan tawaran dakwah yang cukup menjanjikan. Dakwah telemedia misalnya, terbukti ampuh memasuki segala lini kehidupan manusia, lintas agama, dan kepercayaan. Bisa via talk show, sinetron, tulisan media massa, buku, cemarah live, dan sebagainya.

Jumlah pengguna internet di Indonesia sendiri dilaporkan telah mencapai 202,6 juta orang hingga Januari 2021. Angka ini tumbuh 15,5 persen dari tahun sebelumnya dengan kenaikan 27 juta orang. Karena itu, e-dakwah menjadi sangat penting di era sekarang ini untuk menyebarkan Islam rahmatan lil alamin.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement