Sabtu 25 Feb 2023 23:58 WIB

Pesantren Diminta Jadi Agen Kontra Narasi Melalui Dakwah di Media Sosial

Narasi radikalisme menguat di media sosial dan rentan disalahpahami

Penandatanganan nota kesepahaman BNPT dengan Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Se-Indonesia (MP3I) di Menara Peninsula Hotel, Jakarta pada Jumat (24/2/2023).
Foto: Dok.Republika
Penandatanganan nota kesepahaman BNPT dengan Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Se-Indonesia (MP3I) di Menara Peninsula Hotel, Jakarta pada Jumat (24/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) mengajak pesantren untuk menjadi agen kontra narasi melalui dakwah yang rahmatan lil alamin dalam mencegah generasi muda dari paparan ideologi yang menyimpang.

"Jadi keterpaparan hari ini yang paling tinggi adalah melalui sosial media, bahkan dengan media sosial bisa menjadi radikal dengan sendirinya dengan membaca konten-konten menyimpang, untuk itu kami harap pesantren menyebarkan narasi-narasi dan dakwah-dakwah Islam rahmatan lil alamin untuk memagari para santri khususnya dan para pemuda generasi penerus bangsa agar tidak terpropaganda ideologi radikal intoleran," jelas Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, saat menghadiri kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dengan Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Se-Indonesia (MP3I) di Menara Peninsula Hotel, Jakarta pada Jumat (24/2/2023).

Baca Juga

Boy Rafli menyebutkan bahwa Pesantren memiliki peran penting sebagai garda terdepan lembaga pendidikan berbasis agama untuk meluruskan pemahaman dan menghindari penyalahgunaan yang mengatasnamakan agama sebagai alat propaganda pemecah belah persatuan.

Dalam menciptakan rasa aman bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari gangguan paham radikal intoleran, BNPT RI perlu melakukan sinergi dengan banyak pihak tidak terkecuali dengan MP3I.

"Kolaborasi dalam pencegahan paham radikal dan intoleran dapat berjalan dengan baik serta dapat kita wujudkan dengan aksi nyata dalam rangka melindungi kepentingan negara dan bangsa sehingga tercipta rasa aman bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tutur Boy Rafli.

Selama ini BNPT RI telah melakukan banyak aksi nyata dalam melibatkan generasi muda termasuk para santri untuk pencegahan paham radikal Intoleran. BNPT pun telah beberapa kali memberikan pelatihan kepada para santri berupa pengenalan dan pembuatan konten serta narasi positif dalam rangka memperkuat nilai persatuan dan kesatuan.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement