Jumat 18 Feb 2022 02:12 WIB

Azerbaijan Perluas Kendali Negara Terhadap Muslim

Azerbaijan memperluas kendali negara terhadap Muslim.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslimah Azerbaijan (Ilustrasi). Azerbaijan memperluas kendali negara terhadap Muslim
Foto:

Peraturan baru hanya membahas mayoritas Muslim di negara itu. Karena itu, komite negara tidak akan mengambil alih wewenang untuk mengangkat imam-imam Kristen atau rabi-rabi Yahudi. Beberapa kalangan di Azerbaijan memandang hal itu sebagai bentuk inkonsistensi dan pelanggaran terhadap konstitusi.

"Semua keyakinan agama sama di depan hukum. Dengan logika ini, untuk memastikan penunjukan kesetaraan di gereja dan sinagog harus dibuat oleh komite negara," tulis pengacara Javad Javadov di Facebook.

Analis agama di Azerbaijan, Kanan Rovshanoglu mengatakan, peraturan baru akan menjadi kelanjutan dari tren yang telah terlihat selama bertahun-tahun. Menurutnya, nantinya kegiatan keagamaan akan diselenggarakan secara langsung atau tidak langsung oleh lembaga pemerintah.

"Pendanaan untuk komunitas agama (Muslim), propaganda agama, pencetakan buku, program, dan lainnya, serta pendidikan agama telah dicabut dari Dewan Muslim Kaukasus. Azerbaijan dengan demikian tampaknya bergerak menuju model Turki di mana ada pengaruh pemerintah terhadap agama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement