Selasa 25 Jan 2022 19:22 WIB

Idealnya Indonesia Memiliki 17 Ribu Penghulu, Kemenag akan Usulkan Kuota PPPK

Penghulu memiliki tugas beragam dengan pekerjaan utama mencatat urusan nikah.

Rep: Rossi Handayani/Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Seorang penghulu di KUA Kramat Jati, Jakarta Timur, Isfandi. Idealnya Indonesia Memiliki 17 Ribu Penghulu, Kemenag akan Usulkan Kuota PPPK
Foto:

Ketua Umum Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Wagimun membenarkan Indonesia darurat jumlah penghulu. Kurangnya jumlah penghulu ini disebut terkadang berimbas pula pada pelaksanaan pernikahan bagi masyarakat. Tak jarang, penghulu terlambat tiba di lokasi pernikahan karena padatnya kegiatan di hari yang sama.

"Orang yang mau menikah, pasti mencari hari yang baik. Atau ya biasanya memilih akhir pekan. Kalau dalam satu hari itu bersamaan ada banyak peristiwa, sementara penghulunya cuma dua, maka pelayanan bisa tertunda dan tidak maksimal. Muncul kesan di masyarakat penghulunya yang lambat dan sebagainya," kata Wagimun saat dihubungi Republika, Selasa (25/1/2022).

Wagimun menekankan setiap penghulu telah berupaya menata jadwal dan sistem seefektif mungkin. Namun, di beberapa kejadian ada kegiatan yang mundur dari jadwal sehingga berimbas pada acara selanjutnya.

"Peluang dibukanya jabatan penghulu dari negara tidak ada. Dari Kementerian Aparatur Negara memang tidak membuka penerimaan penghulu. Padahal, penghulu ini sebuah jabatan yang sangat seksi," ujar dia.

 

Terbaru, ia menyebut jabatan untuk penghulu hanya dibuka sebanyak 12 kursi. Sementara, yang mendaftar untuk lowongan ini jumlahnya mencampai ribuan. Minat masyarakat untuk posisi ini dinilai sangat tinggi.

photo
Infografis Adab Pernikahan dalam Islam - (Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement