Sabtu 22 Jan 2022 04:00 WIB

 Akibat Diskriminasi, Muslim India Alami Tekanan Mental

Muslim India alami tekanan mental karena menjadi target Islamofobia.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslim India melakukan shoat Jump/
Foto:

Apa yang Ahmad atau wanita Muslim lainnya yang muncul di 'Sulli Deals' atau 'Bulli Bai' terutama terkait kesehatan mental mereka adalah sesuatu yang telah meningkat dan menjadi hal umum dari komunitas muslim.

Dalam sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Health Sciences, ditemukan bahwa muslim memiliki risiko kecemasan yang lebih tinggi di India dibandingkan dengan umat Hindu. Makalah ini juga menemukan bahwa faktor-faktor seperti usia, pendidikan, paparan media, dan jenis kelamin juga secara signifikan terkait dengan masalah kesehatan mental.

Pooja Priyamvada, seorang peneliti kesehatan mental dan aktivis pencegahan bunuh diri yang berbasis di New Delhi, juga menjelaskan bagaimana faktor-faktor seperti jenis kelamin, kelas, dan agama memainkan peran utama dalam menentukan kesehatan mental seseorang.

Dia percaya bahwa ketidakpercayaan antara umat Hindu dan Muslim yang membentuk hampir 94 persen dari populasi negara itu, telah tumbuh begitu banyak sekarang bahkan dapat dirasakan dalam interaksi pribadi.

“Selama pandemi, ketidakpercayaan memuncak karena pandemi terjadi tepat setelah gerakan Shaheen Bagh dan kerusuhan di Delhi. Peristiwa ini memperburuk ketidakpercayaan antara masyarakat dan ini kemudian tercermin dalam cara mereka menjangkau dan mengakses layanan kesehatan,” kata Priyamvada kepada  TRT World.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement