Senin 01 Nov 2021 12:37 WIB

Partai Islam Bangladesh Prihatin Serangan Muslim di India

Pelaku perusakan masjid dan rumah Muslim harus diadili.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Partai Islam Bangladesh Prihatin Serangan Muslim di India. Seorang prajurit paramiliter berpatroli melewati sebuah toko yang terbakar di desa Rowa, sekitar 220 kilometer dari Agartala, di negara bagian Tripura, India, Rabu, 27 Oktober 2021. Ketegangan tinggi di beberapa bagian negara bagian Tripura pada Jumat setelah serangkaian serangan terhadap minoritas Muslim. Serangan itu sebagai pembalasan atas kekerasan terhadap umat Hindu di perbatasan Bangladesh awal bulan ini. Polisi mengatakan setidaknya satu masjid, beberapa toko dan rumah milik Muslim dirusak sejak Selasa. 
Foto:

"Kami berharap jika terjadi serangan terhadap Muslim di India, tanggapan dari pemerintah dan masyarakat terkait akan sama dan kami melihat koeksistensi yang tenang dan damai," tambah Rahman.

Seorang penulis yang tinggal di kota Kanpur, India utara, Rohit Ghosh mengatakan mayoritas orang di India ingin hidup damai dengan orang-orang dari agama lain. Menurutnya, hanya sedikit orang yang menciptakan suasana kebencian terhadap komunitas minoritas.

"Mereka memiliki kepentingan mereka sendiri," ujarnya.

Avinash Sharma, yang tinggal di kota selatan Chennai, mengatakan beberapa teman dekatnya adalah Muslim dan dia tidak akan berpikir menyakiti mereka dengan cara apa pun. Ia mengatakan, mereka telah hidup dengan Muslim dan tidak pernah merasa mereka berbeda dari komunitas Muslim.

"Kami akan terus berbagi ikatan dan kedekatan yang sama dengan mereka. Insiden menyimpang ini tidak akan memengaruhi hubungan kami dengan komunitas lain, termasuk Muslim," kata Avinash.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement