Kamis 08 Jul 2021 00:42 WIB

Pemkot Batam Bolehkan Warga Sholat Idul Adha di Lapangan

Salat Idul Adha di Batam boleh digelar asal di lapangan dan menerapkan prokes ketat

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Umat Muslim beraktivitas usai melaksanakan sholat Idul Adha di Alun-alun Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (31/7).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Umat Muslim beraktivitas usai melaksanakan sholat Idul Adha di Alun-alun Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (31/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, membolehkan pelaksanaan sholat Idul Adha 1442 Hijriah digelar di tengah lapangan. Pelaksanaan sholat harus dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Pelaksanaan sholat Idul Adha hanya di lapangan," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, saat memimpin rapat forum koordinasi pimpinan daerah di Batam, Rabu (7/7).

Baca Juga

Keputusan itu diambil berdasarkan masukan dari tokoh agama dan tokoh masyarakat yang disampaikan dalam rapat. Ia menegaskan sholat Idul Adha hanya boleh dilaksanakan di lapangan. Apabila hujan, maka ibadah tidak boleh dipindahkan ke dalam masjid.

Dalam rapat juga disepakati pelaksanaan sholat Idul Adha harus menjaga jarak antarjamaah hingga dua meter. Khutbah sholat Idul Adha juga tidak boleh panjang, maksimum 15 menit.

"Ini kesepakatan, jangan ada yang melanggar karena ini demi kemaslahatan umat," kata wali kota.

Selain pelaksanaan sholat, rapat itu juga menyepakati aturan yang ketat dalam pemotongan hewan kurban. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain Umar mengatakan panitia kurban harus mengantongi hasil tes antigen Covid-19 negatif.

"Panitia adalah yang sudah divaksin dan pembuktian rapid test antigen," kata Zulkarnain. Ia juga mengingatkan panitia mengatur agar tidak ada kerumunan saat pemotongan hewan kurban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement