Selasa 15 Jun 2021 06:05 WIB

Menelisik 7 Bangunan Bersejarah Berarsitektur Indo-Islam

Arsitektur Indo-Islam sangat dipengaruhi gaya arsitektur Persia dan Turki.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Menelisik 7 Bangunan Bersejarah Berarsitektur Indo-Islam. Kaum muslim India shalat subuh berjamaah di Masjid Jama New Delhi. Dipimpin oleh Imam Masjid Agung Makkah Abdul Rehman Sudais, Ahad 27 Maret 2011
Foto:

Bara Imambara atau Masjid Asfi

Bara Imambara adalah monumen bersejarah arsitektur Indo-Islam terbesar. Menyandang jejak arsitektur Mughal, masjid ini memiliki aula tengah yang unik.

Aulanya besar berbentuk lengkung dan dibangun tanpa menggunakan balok. Selain struktur dan desainnya yang unik, tempat ini juga menyediakan pemandangan panorama kota Lucknow.

Taj Mahal

Salah satu bangunan yang masuk daftar keajaiban dunia ini merupakan salah satu contoh arsitektur Indo-Islam terbesar di India. Penguasa Mughal Shah Jahan saat itu membangun Taj Mahal untuk mengenang istri tercintanya sebagai simbol cinta.

Bangunan ini terbuat dari marmer putih yang dihiasi dengan kaligrafi ayat-ayat Alquran. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan Taj Mahal sebagai Situs Warisan Dunia pada 1983.

UNESCO menggambarkan Taj Mahal sebagai permata seni Muslim di India dan salah satu mahakarya warisan dunia yang dikagumi secara universal. Orang dapat melihat pemandangan paling menakjubkan dari Taj Mahal pada malam hari.

photo
Taj Mahal - (Pawan Sharma/AP)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement