Selasa 15 Jun 2021 06:05 WIB

Menelisik 7 Bangunan Bersejarah Berarsitektur Indo-Islam

Arsitektur Indo-Islam sangat dipengaruhi gaya arsitektur Persia dan Turki.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Menelisik 7 Bangunan Bersejarah Berarsitektur Indo-Islam. Kaum muslim India shalat subuh berjamaah di Masjid Jama New Delhi. Dipimpin oleh Imam Masjid Agung Makkah Abdul Rehman Sudais, Ahad 27 Maret 2011
Foto:

Masjid Makkah Hyderabad atau Masjid Makkah

Masjid ini dibangun sekitar tahun 1600. Fondasi masjid dibangun selama dinasti Qutb Shahi dengan batu bata yang terbuat dari tanah yang dibawa dari Makkah dan pembangunannya memakan waktu sekitar 50 tahun.

Di dekat pintu masuk masjid, ada makam dan kuburan Nizams, penguasa Hyderabad abad ke-18 hingga ke-20. Kubah Masjid Makkah dikelilingi menara yang terletak di samping balkon.

Masjid-i Jehan-Numa atau Jama Masjid Delhi

Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di India yang terletak di New Delhi yang bisa menampung sekitar 20 ribu jamaah di halamannya. Raja Mughal Shah Jahan membangun masjid ini dengan bantuan 6.000 pekerja selama enam tahun menggunakan bahan batu pasir merah dan marmer putih.

Oleh karena itu, masjid ini digunakan sebagai masjid kekaisaran Dinasti Mughal. Dengan 30 anak tangga lebih, para pengunjung bisa melihat pemandangan indah dari masjid. Ada tiga kubah besar yang dipasang setinggi 261 kaki atau 80 meter. Kubah ini dikelilingi oleh dua menara besar di kedua sisinya.

photo
Umat Muslim sholat Idul Adha, di masjid Masjid Jama di New Delhi, India, 01 Agustus 2020. Idul Adha adalah yang paling suci dari dua hari libur Muslim yang dirayakan setiap tahun, itu menandai tahunan Ziarah Muslim (Haji) untuk mengunjungi Mekah, tempat paling suci dalam Islam. Muslim menyembelih hewan kurban dan membagi daging menjadi tiga bagian, satu untuk keluarga, satu untuk teman dan kerabat, dan satu untuk orang miskin dan yang membutuhkan. - (EPA-EFE/STR)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement