Selasa 15 Jun 2021 06:05 WIB

Menelisik 7 Bangunan Bersejarah Berarsitektur Indo-Islam

Arsitektur Indo-Islam sangat dipengaruhi gaya arsitektur Persia dan Turki.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Menelisik 7 Bangunan Bersejarah Berarsitektur Indo-Islam. Kaum muslim India shalat subuh berjamaah di Masjid Jama New Delhi. Dipimpin oleh Imam Masjid Agung Makkah Abdul Rehman Sudais, Ahad 27 Maret 2011
Foto:

Masjid Malik Deenar Kerala

Masjid berusia sekitar 1.300 tahun ini merupakan salah satu masjid tertua di India. Sebab, masjid ini diyakini dibangun oleh Malik bin Dinar atau Malik Deenar, cendekiawan Persia dan musafir yang dianggap menyebarkan Islam di anak benua India. Oleh karena itu, nama masjid dinamai Malik Deenar.

Arsitektur masjid ini tidak sama dengan masjid lainnya yang berkubah. Bentuknya menyerupai istana yang dibangun dengan gaya arsitektur khas Kerala tapi tetap mencerminkan arsitektur Islam pengaruh Persia.

Masjid Tipu Sultan Shahi Kolkata atau Masjid Tipu Sultan

Masjid ini dibangun oleh Tipu Sultan, penguasa Kerajaan Mysore yang berbasis di India selatan pada 1832. Desain masjid ini memiliki perpaduan unik antara arsitektur Eropa dan Mughal.

Masjid ini memiliki 16 kubah megah yang berdiri dengan empat menara. Masjid tetap dibuka bagi pengunjung terlepas dari identitas agama dan keyakinan.

photo
Masjid Tipu Sultan Shahi Kolkata atau Masjid Tipu Sultan di Kolkata, India. - (Wikipedia)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement