Senin 24 May 2021 03:43 WIB

Haji Hisyam, Arsitek Pendidikan Muhammadiyah

Hisyam sudah terlihat sebagai pemuda cakap yang mementingkan pengajaran.

Haji Hisyam, Arsitek Pendidikan Muhammadiyah. Haji Hisyam, sang arsitek pendidikan yang menggawangi Bagian Sekolahan Muhammadiyah.
Foto:

Ketika HB Muhammadiyah membentuk empat unsur pembantu pimpinan, Hisyam mendapat amanat sebagai ketua Bagian Sekolahan. Jabatan ketua pertama unsur pembantu pimpinan ini diamanatkan kepada Hisyam yang berumur sekitar 37 tahun.

Ketua Pertama Bagian Sekolahan

”Saya akan membawa kawan-kawan kita pengurus bagian sekolahan berusaha memajukan pendidikan dan pengajaran sampai dapat menegakkan gedung universiteit Muhammadiyah yang megah untuk mencetak sarjana-sarjana Islam dan maha-maha guru Muhammadiyah guna kepentingan umat Islam pada umumnya dan Muhammadiyah pada khususnya.”

Inilah ikrar Hisyam sebagai ketua Bagian Sekolahan. Diikrarkan di hadapan rapat anggota Muhammadiyah yang dipimpin langsung oleh K.H. Ahmad Dahlan ketika pembentukan empat departemen pertama di Muhammadiyah: Bagian Sekolahan, Bagian Tabligh, Bagian Taman Pustaka, dan Bagian Penolong Kesengsaraan Oemoem.

Rapat anggota Muhammadiyah diselenggarakan pada tanggal 17 Juli 1920 di gedung Hoofdbestuur (HB) Muhammadiyah Kauman, Yogyakarta. Hisyam mendapat amanat sebagai ketua Bagian Sekolahan.

Fachrodin mendapat amanat sebagai ketua Bagian Tabligh. Mochtar mendapat amanat sebagai ketua Bagian Taman Pustaka. Syujak mendapat amanat sebagai ketua Bagian Penolong Kesengsaraan Oemoem (Syujak, 1989: 31).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement