Senin 03 May 2021 09:21 WIB

Ibadah di Kazakhstan dan Sholat Jumat di Ruang Terbuka

Sholat Jumat di Kazakhstan diperbolehkan di ruang terbuka

Suasana sholat Jumat di pelataran Masjid Hazret Sultan, Kazakhstan
Foto:

Sholat Jumat di Masjid yang dibuka pada 6 Juli 2012 ini dilaksanakan di pelataran sebelah kiri masjid. Adzan pertama dikumandangkan tepat pukul 13,30 waktu setempat. Kemudian disusul adzan kedua setelah para jamaah melaksanakan sholat sunnah. 

Setelah adzan kedua, Khatib naik mimbar yang sudah diletakkan di depan para jamaah. Keseluruhan waktu Khutbah pertama ditambah khutbah kedua tidak lebih dari 15 menit. Khatib hanya mengambil rukun-rukun khutbah saja.   

Menurut pengamatan kami, pelaksanaan sholat Jumat pertama setelah pandemi di Nur-Sultan ini jauh sekali dari penerapan prokes. Pada awalnya pengurus masjid menyediakan tikar yang sudah diatur jaraknya sesuai prokes. Namun ternyata jumlah jamaah yang datang semakin banyak sehingga tikar pun habis.  

Tidak semua jamaah yang datang saat itu membawa alas sendiri dari rumah, hal ini yang membuat mereka kemudian menempati tempat yang kosong antar jamaah. Beberapa jamaah kemudian mengambil shaf jauh dibelakang untuk tetap menjaga jarak.

photo
Jamaah menunggu sholat jumat di pelataran Masjid Hazret Sultan - (Dok Istimewa)

 

Covid-19 

Covid-19 di Kazakhstan masih  tinggi. Delapan kota, salah satunya adalah kota Nur-Sultan masih masuk ke zona merah. Untuk tindakan pencegahan sendiri, sejak awal april lalu Pemerintah Kazakhstan sudah melakukan vaksinasi dengan menggunakan vaksin Sputnik-V. 

Vaksinasi di Kazakhstan diberikan secara gratis dan bersifat sukarela. Setiap orang baik warga asli ataupun pendatang yang tinggal di Kazakhstan bisa menerima vaksin dengan cara langsung mendatangi titik pemberian vaksin yang sudah ditunjuk oleh pemerintah seperti; klinik-klinik pemerintah ataupun klinik swasta. Selain itu titik vaksin juga bisa ditemukan di pusat perbelanjaan seperti Mega Silkway dan Khan Shatyr.  

 

*Dilaporkan secara langsung WNI tinggal di Kazakhstan, @m_znajib 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement