Selasa 23 Mar 2021 16:25 WIB

Puisi Imam Syafii: Cukuplah Kematian Sebagai Nasihat

Kematian adalah sebuah kepastian.

Puisi Imam Syafii: Cukuplah Kematian Sebagai Nasihat
Foto:

Allah Subhanahu Wataala berfirman dalam Al Qur’an surat Al-Jumuah atau surat ke-62 ayat 8,

قُلْ إِنَّ ٱلْمَوْتَ ٱلَّذِى تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُۥ مُلَـٰقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَـٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَـٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ [٦٢:٨]

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”.

Dalam ayat tersebut, disebutkan yang namanya kematian adalah sebuah kepastian dan hal tersebut akan dialami seluruh makhluk termasuk para malaikat. Pada ayat ini Allah menerangkan bahwa orang-orang Yahudi sangat takut menghadapi kematian dan berusaha menghindarinya.

Oleh karena itu, Allah memerintahkan Rasulullah agar menyampaikan kepada mereka bahwa kematian pasti akan datang menemuinya. Kemudian mereka dikembalikan kepada Allah Yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang kelihatan, baik di langit maupun di bumi.

Allah memberitahukan kepada mereka segala apa yang telah dikerjakan, lalu dibalas sesuai dengan amal perbuatannya. Orang yang ingkar dan jahat akan dibalas sesuai dengan keingkaran serta kejahatan yang ia sombongkan selama di dunia yaitu dimasukkan ke neraka.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement